7 Calon Sekda Basel Ikuti Test Assessment di BKPSDMD Babel

BANGKA SELATAN – Tujuh peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, mengikuti rangkaian test assessment yang di pusatkan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (07/02/22).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Bangka Selatan, Suprayitno, mengatakan, sesuai dengan peraturan BKN No. 26 Tahun 2019, seorang Sekda harus memiliki kemampuan manajerial dan sosial kultural, yang dapat dinilai melalui penilaian kompetensi dengan metode assessment center.

“Tadi peserta lengkap, hadir semua ketujuhnya. Tahapan seleksi dilaksanakan selama 2 hari, meliputi assessment peserta,” ujar Suprayitno dikonfirmasi Inpost.

Ia mengungkapkan, rangkaian test assessment akan dilaksanakan hingga Selasa (08/02/22) besok. Yang mana pada hari pertama, peserta mengikuti Psikotest, Analisa Kasus/In Tray, Self Assessment, dan Presentasi. Lalu di hari kedua, peserta akan menjalani Leaderless Group Discussion, dan terakhir adalah wawancara kompetensi.

“In sha Allah, kami percaya proses uji kompetensi sangat valid dan objektif mengukur kompetensi seorang Sekda. Untuk pengumuman tiga besar, dan menyampaikan tiga besar calon Sekda kepada Bupati dilakukan 18 Februari nanti,” pungkas Suprayitno.

Ketujuh pejabat itu adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Herman, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori.

Sekretaris DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Agus Pratomo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangka Selatan, Haris Setiawan, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Selatan, Muhson. (Yusuf)