Antisipasi Riak Kecil Gangguan Kamtibmas, Sat Polair Lakukan Patroli

oleh -39 Dilihat
Personel Sat Polair Polres Bangka Barat saat melakukan patroli dialogis di Pelabuhan Ikan, Kecamatan Muntok, Jumat ( 6/5 ).

BANGKA BARAT — Sat Polair Polres Bangka Barat kembali melakukan patroli dialogis rutin di Pelabuhan Ikan, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Jum’at ( 6/5/2022 ).

Seperti patroli sebelumnya yang sudah pernah dilakukan, anggota Polair menyambangi warga nelayan yang perahunya sandar di pelabuhan, sebelum melaut mencari ikan.

Kasat Polair Polres Bangka Barat, AKP Candra Wijaya seizin Kapolres Bangka Barat mengatakan, patroli dialogis merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya.

” Tujuan patroli dialogis tersebut
untuk menyerap informasi yang berkembang di masyarakat, sehingga riak – riak kecil yang diduga dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas segera bisa diatasi,” ujar Candra.

Selain itu tujuan patroli menurut dia agar keberadaan anggotanya di tengah tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga setempat.

Candra meminta kepada anggota Sat Polair untuk selalu memantau situasi wilayah pesisir agar selalu kondusif, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesisir yang ada di pengambengan dan sekitarnya.

Untuk mencegah terjadinya tindak pidana di Pelabuhan Ikan Muntok, anggota melaksanakan patroli di area tersebut dengan tujuan untuk mencegah niat orang atau pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya yang berpotensi mengganggu Kamtibmas.

Dia berharap kegiatan patroli maupun sambang yang dilakukan oleh Sat Polair dapat menarik simpati masyarakat sehingga ke depan Polri makin dekat dan dicintai.

” Kita kepengennya masyarakat, khususnya para nelayan atau warga pesisir merasa aman dan nyaman, baik yang sedang istirahat maupun yang sedang melakukan aktivitas di area Pelabuhan Ikan ini,” kata Candra.

” Patroli ini kan tidak hanya untuk keamanan masyarakat, tapi juga harta benda mereka yang ada disini juga ikut aman,” sambung Candra.

Dia juga berharap dengan hadirnya Polri di tengah – tengah masyarakat akan memberikan dampak yang sangat positif sehingga masyarakat merasa dilindungi dan terayomi.

” Sehingga dengan demikian diharapkan hubungan silahturahmi masyarakat dan Polri bisa terjalin dengan baik dan bisa meningkatkan Citra dan Wibawa Polri,” tutup Candra. ( SK )