Bahas Indonesia Ke Depan

oleh

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir berkemah mendampingi Presiden Joko Widodo di titik nol KM Ibu Kota Negara Nusantara, yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Hari ini saya akan bermalam di Ibu Kota Negara Nusantara, bersama Bapak Presiden @jokowi,” Ujar Erick Thohir dalam unggahan akun instagramnya @erickthohir, Rabu (16/3/2022).

Kegiatan berkemah bersama Presiden Jokowi memberikan kesan yang mendalam bagi Erick Thohir dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Di momen tersebut memberikan kesempatan untuk melakukan diskusi tentang masa depan Indonesia, dengan nuansa yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

“Bermalam dan bincang-bincang,” kata Erick.

Dari titik nol IKN ini, Erick menegaskan sejarah kebangkitan Indonesia segera di mulai dan bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke empat di dunia.

“Di sini, sejarah itu dimulai. Bismillahirrahmanirrahim,” Imbuhnya.

Erick menambahkan kemah di titik nol IKN sebagai bagian dari rangkaian seremoni ritual kendi nusantara yaitu penggabungan tanah dan air dari 34 provinsi di seluruh Indonesia sebagai simbol dari Bhineka Tunggal Ika yang berlangsung sakral dan khidmat.

“Di titik nol ini Pak Basuki (Menteri PUPR) terharu, Gubernur Jawa Tengah sedang memberikan tanah dan air kepada Bapak Presiden, luar biasa,” ucap Erick.

Usai prosesi penyatuan tanah dan air yang di pimpin Presiden Jokowi selesai, Erick menuturkan kegiatan lainnya ialah menanam pohon bersama di sekitar Kawasan Ibu Kota batu tersebut bersama para kepala daerah dan sejumlah menteri.

“Setelah pagi tadi menyaksikan prosesi menggabungkan tanah dan air dari 34 provinsi seluruh Indonesia, sebagai simbol ke-Bhinekaan NKRI. Lalu, dilanjutkan dengan menanam pohon bersama.” sambungnya.

Erick juga membocorkan isi tenda kemah sederhana yang ditempatinya untuk bermalam ada kasur dan meja kecil yang tersedia beberapa botol air mineral.

“Saya dan rekan-rekan menteri juga melakukan “room tour” tipis-tipis, melihat tenda yang akan kami tiduri malam ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi menuturkan kehadiran para Menteri, kepala daerah dan sejumlah pejabat negara lainnya yaitu sebagai tanda dimulainya pembangunan Ibu Kota baru bangsa Indonesia.

“Kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara,” tegas Jokowi. (*)

Sumber : Kementerian BUMN