Berkah Ramadhan, Kontengan Berbagi Takjil

oleh -11 Dilihat

BALIKPAPAN – Ramadhan adalah bulan mulia yang paling dinanti-nanti umat Islam untuk berlomba-lomba meningkatkan ketakwaan, saling berbagi antarsesama, dan saling menguatkan dalam rangka menggapai ridha Allah SWT.  Inilah waktu paling utama untuk menunjukkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial kepada masyarakat luas. 

Hal tersebut diutarakan Ketua Kontengan, Poppy Olivia Delyuzar, S.E didampingi Yayan, selaku Seksi Sosial Budaya saat menggelar aksi berbagi takjil untuk berbuka puasa para ojek online, pembesih jalanan, tukang parkir, anak jalanan, dan scurity di seputaran Kota Balikpapan, Selasa (19/04/22) sore.

“Dengan adanya kegiatan berbagi takjil ini mampu mempererat tali silaturahmi dan solidaritas kebersamaan meskipun kita sedang berada di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang namun hal ini bukanlah halangan untuk berbagi, namun justru mengajarkan kita untuk selalu bersyukur,” ujar Poppy.

Menurut Popy, pandemi yang belum juga berakhir, tidak boleh menghalangi niat dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang sangat bermanfaat bagi umat yang sedang menjalankan ibadah puasa. 

“Justru malah harus lebih ditingkatkan. Sebab, kekuatan sejati itu terletak pada solidaritas sosial di akar rumput. Kontengan berkomitmen akan terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memaknai hakikat bulan Romadhan melalui aksi-aksi nyata, bukan sekadar komentar-komentar di medsos dan internet,” tegasnya. 

Poppy menambahkan, Ramadhan kali ini juga dijadikan Kontengan sebagai momentum untuk berbagi, agar kedepannya mampu lebih bermanfaat bagi orang lain. Dimana pada bulan Ramadhan setiap amal kebaikan kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Pada kesempatan itu, tak lupa Poppy mengucapkan ribuan terima kasih Kontengan haturkan kepada para donatur aksi ini.

“Jadi sasaran utama selain pembagian takjil adalah mempererat tali silaturahmi dan solidaritas kebersamaan, dan dibarengi dengan memperkenalkan Kontengan untuk ikut serta menjaga warisan budaya Indonesia, serta mengangkat nilai kearifan lokal, yang sejalan dengan Visi dan Misi Kontengan,” pungkasnya.  

Diketahui, Kontengan didirikan oleh Yayan, pada tanggal 13 Februari 2016. Kontengan merupakan komunitas penggemar musik keroncong di Kota Minyak Balikpapan dengan beranggotakan 68 personel. Karena bergerak dibidang Seni dan Budaya, maka Kontengan sering mengadakan show keroncong, mendukung kegiatan bangunan tua di Kota Balikpapan, terutama rumah Dahor. (Yusuf)