Bupati Basel : Teladani Semangat Perjuangan Kartini

oleh -29 Dilihat
Riza Herdavid

BANGKA SELATAN – Bupati Bangka Selatan, H. Riza Herdavid, ST, M.Tr.IP mengungkapkan harapannya untuk para perempuan masa kini. Hal itu disampaikan sekaligus memaknai momen hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2021.

“Tepat hari ini kita kembali mengenang perjuangan pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini yang pada masa lampau telah menunjukkan eksistensinya serta kegigihannya mengangkat derajat kaum wanita yang saat itu begitu di rendahkan,” terangnya, Kamis (21/04/22).

Orang nomor satu di Negeri Beribu Pesona ini mengatakan, Raden Ajeng Kartini bersekolah di ELS (Europese Lagere School), walaupun hanya sampai berumur 12 tahun. Di sanalah antara lain Kartini belajar bahasa Belanda.

Dengan keterampilannya berbahasa Belanda, Kartini mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Disitulah ia mencurahkan segala unek-uneknya tentang ketidakadilan yang dirasakannya akan beberapa hal yang ia anggap memojokkan wanita pada waktu itu.

“Kartini adalah perempuan yang merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa. Atas dasar perjuangan Kartini pula, saat ini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat,” tuturnya.

Dia menambahkan, karena ilmu pengetahuan yang luas yang di miliki Kartini sehingga ia berhasil dalam memperjuangkan emansipasi wanita yang pada masa sekarang sudah sangat di rasakan perempuan Indonesia.

“Kemampuan inilah yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat, terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita,” jelasnya.

Oleh Karena itu, Bupati yang memiliki dua orang anak ini berharap Kartini-Kartini masa kini dapat mengejawantahkan semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini dengan mengoptimalkan segala potensi.

Serta untuk menjadi penggerak pembangunan, penopang ketahanan keluarga, dan pendorong kesetaraan gender dalam paradigma pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Selamat memperingati Hari Kartini. Mari ibu-ibu, dan semua kaum perempuan di Bangka Selatan, saya mohon doa, dan dukungannya untuk turut mensukseskan program kami, demi Bangka Selatan tambah semakin baik,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Selatan, Hj. Elizia Riza Herdavid, SE mengungkapkan, Raden Ajeng Kartini merupakan sosok inspirasional bagi masyarakat Indonesia, khususnya kaum perempuan. Lewat bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini menuangkan gagasan dan cita-citanya memajukan kaum perempuan.

“Perempuan merupakan salah satu pelaku sekaligus aset dalam pembangunan ekonomi modern, maka potensi besar perempuan itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Istri Bupati Bangka Selatan ini berharap peringatan hari Kartini menjadi momentum untuk mendorong terciptanya kesetaraan perempuan, dan laki-laki pada aspek kehidupan di dalam keluarga, sehingga tercipta keluarga yang berkualitas.

” Selamat hari Kartini Tahun 2022, mari wujudkan kualitas keluarga yang tangguh dan berdikari untuk Bangka Selatan yang maju,” tandas wanita yang murah senyum ini. (Yusuf)