Dalam Waktu Dekat, RSUD Basel Akan Miliki Bank Darah

oleh
Debby Vita Dewi

BANGKA SELATAN – Untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah, Kabupaten Bangka Selatan, dalam waktu dekat akan memiliki bank darah, yang bertujuan untuk memudahkan pasien melakukan donor dan transfusi darah.

“Untuk langkah awal, langkah yang paling cepat yang akan kita lakukan adalah di RSUD Bangka Selatan akan ada penyimpanan sebanyak 100 kantong darah,” kata Ketua PMI Bangka Selatan, Debby Vita Dewi kepada Inpost, Rabu (11/05/22).

Menurut Debby, yang juga Wakil Bupati Bangka Selatan ini mengatakan, kehadiran bank darah di RSUD sebagaimana amanat Permenkes 83/2014 tentang unit transfusi darah, bank darah Rumah Sakit, dan jejaring pelayanan transfusi darah guna memudahkan pasien mendapatkan darah.

“Tempat penyimpanan darah ini juga akan kita perbaiki atau kita benahi, seperti kelistrikanya agar kualitas semakin baik. Jadi tahap awalnya juga akan kita lakukan donor darah juga agar punya ketesersediaan stok darah,” jelasnya.

Debby menegaskan, sebagai Ketua PMI Bangka Selatan yang baru terpilih akan melakukan pelantikan kepengurusan PMI. Dan jika ada kegiatan donor darah di Negeri Beribu Pesona, murni darahnya disimpan ditempat penyimpanan yang aman di RSDU Bangka Selatan.

“Tadi kita bahas beberapa program, salah satunya lagi viral-viralnya kebutuhan darah untuk masyarakat. Kalau ke rumah sakit selalu kekurangan darah. Alhamdullilah,  akhirnya PMI Bangka Selatan akan lakukan donor darah, mudah-mudahan dalam waktu dekat penyimpanan darah di RSUD akan segera beroperasi,” pungkasnya. (Yusuf)