Dit Polairud Polda Babel Siap Menuju ZI WBK Dan WBBM

oleh -14 Dilihat

PANGKALPINANG — Inspektorat Pengawas Daerah dan Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Babel melakukan asistensi penilaian Zona Integritas WBK dan WBBM terhadap Satker Direktorat Polairud Polda Babel.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kasubdit Gakkum Dit Polairud Polda Babel, AKBP Toni Sarjaka, S.H., S.I.K., M.I.K., di Mako Dit Polairud Polda Babel, Kamis (27/01/2022).

“Yang tadi itu, supervisi asistensi dari Itwasda dan Biro Rena terkait masalah ZI. Jadi kan kita sedang menuju WBK dan WBBM. Mereka ngecek kesiapan kita, baik itu masalah administrasinya, masalah kelengkapan ruangan, masalah semuanya yang terkait dengan ZI,” ungkap AKBP Toni Sarjaka.

Dikatakannya, semua satker di lingkup Polda Babel akan dilakukan penilaian yang sama, termasuk Dit Polairud Polda Babel.

“Ini di asistensi, kalau misalkan ada yang kurang akan dikoreksi atau ditambahin. Kemudian kalau ada yang salah, ya dibetulin. Jadi tadi baru asistensi,” ucap AKBP Toni Sarjaka.

“Ini kan semua satker akan dinilai sama tim. Nanti setelah dari sekian banyaknya ini, mana kira-kira yang layak atau sudah siap untuk ditingkatkan untuk memperoleh atau menuju ke WBK dan WBBM,” lanjutnya.

Dijelaskan Kasubdit Gakkum Dit Polairud Polda Babel ini, tidak ada atensi khusus selain mengenai ZI WBK dan WBBM.

“Kalau atensinya sesuai dengan ini, SOP sama Standar Pelayanan Publik. Jadi, tim ini akan menilai, kalau salah nanti akan dikasih petunjuknya dari mereka. Setelah penilaian, dari sekian banyaknya satker ini nanti akan diusulkan ke tingkat Mabes untuk dinilai,” ujarnya.

Menurut AKBP Toni Sarjaka, bahwa Dit Polairud sendiri telah memenuhi kelengkapan terkait pelayanan publik seperti pelayanan khusus penyandang disabilitas dan hal lainnya.

“Di Polairud sendiri untuk kelengkapan pelayanan publik kita sudah terpenuhi. Disini, ada pelayanan untuk penyandang disabilitas, tempat menyusui, tempat bermain anak-anak, toilet terpisah antara laki-laki dan wanita, serta yang lainnya,” tuturnya.

Meskipun saat ini masih dalam proses penilaian, namun pihaknya siap untuk menuju Zona Integritas WBK dan WBBM.

“Kalau kita, siap menuju ZI WBK dan WBBM ini karena harus dilaksanakan. Ini kan program dari pemerintah terutama dari kepolisian,” pungkasnya. (Iqbal)