Kepala BPN Basel Lantik Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL

BANGKA SELATAN – Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka Selatan, Agung Basuki, S.ST., M.H. melantik sebanyak 39 Panitia Ajudikasi Satuan Tugas (Satgas) Fisik, Yuridis dan Administrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022, di Kantor Pertanahan Bangka Selatan, Selasa (4/1/22).

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL Kantor Pertanahan Bangka Selatan itu, dihadiri oleh Kepala Desa Bukit Terap, Tiram, Tukak, Bencah, Keposang yang daerahnya tahun ini ditetapkan mendapatkan program PTSL atrhun 2022.

“Perlunya dilakukan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, dan keputusan Nomor: 7/SK-19.03.UP.01.01/I/2022 tanggal 3 Januari 2022,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka Selatan, Agung Basuki.

Tujuannya, lanjut Agung Basuki, tidak lain untuk melakukan pengumpulan data fisik, pengukuran di lapangan dan pengumpulan data yuridis terkait alas hak dan bukti-bukti kepemilikan sehingga dalam prosesnya nanti bukti fisik dan yuridis dapat sesuai serta memiliki kekuatan hukum.

“Komitmen kita pemberantasan mafia tanah melalui pelaksanaan program PSN yang tertib, lancar, tepat waktu dan akuntabel serta menekankan acara sumpah ini sebagai langkah, dan interaksi awal antara petugas kantor pertanahan dengan aparat pemerintahan desa, guna memperlancar proses capaian target legalisasi aset sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan,”tegasnya.

Adapun susunan keanggotaan panitia ajudikasi yaitu Ketua Panitia Ajudikasi, Masagus Dedi (Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran), Ema Martonowadi. (Kepala Seksi Survei dan Pemetaan) sebagai Ketua Satgas Fisik, Tan Reza Biando, (Penata Pertanahan Pertama) sebagai Ketua Satgas Yuridis, dan Harry Nurcahya sebagai Sekretaris. (Yusuf)