Komisi III Berikan Catatan Khusus Pada Pembangunan Jalan

oleh -57 Dilihat

BANGKA — Pasca pelaksanaan rapat dengar pendapat bersama mitra eksekutif beberapa waktu yang lalu, tidak ada banyak waktu untuk bersantai bagi Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tim yang dikomandoi oleh Adet Mastur bersama Haji Ir. Azwar Helmi itu langsung bergerak melakukan peninjauan sejumlah lokasi pembangunan ruas jalan. Salah satu yang menjadi tujuan dan perhatian adalah pengerjaan jalan Lintas Timur Sungailiat, yang realisasinya telah dilaksanakan.

“Komisi III setelah melakukan rapat dengar pendapat dengan mitra-mitra, tugas kita sekarang melakukan cross check ke lapangan berkenaan dengan anggaran kegiatan di tahun 2021. Apakah data yang kami terima pada saat melakukan rapat dengar pendapat itu, singkron atau tidak dengan kondisi di lapangan,” ungkap Adet, Selasa (12/4).

Dijelaskannya, berdasarkan data-data yang diterima Komisi III, rata-rata kegiatan fisik yang dilakukan di tahun anggaran 2021 khususnya Dinas PU, sudah mencapai seratus persen. Untuk itu sesuai dengan fungsinya, DPRD melakukan pengawasan dengan cara turun langsung ke lapangan, untuk memonitor setiap aspek pembangunan yang menjadi kewenangan DPRD, termasuk memberikan catatan khusus pada sejumlah objek pembangunan yang masih menyisakan pertanyaan.

“Menurut pantauan kami, dari hari Jum’at kemarin sampai dengan hari ini, kondisi fisik memang sudah di angka seratus persen, tetapi masih ada beberapa titik ruas jalan yang kembali rusak. Nah, ini kan harus ada perbaikan-perbaikan sebelum masa pemeliharaan ini berakhir. Ada juga beberapa titik yang menurut pantauan kami, ada pekerjaan yang sudah lama dikerjakan, tetapi dianggap baru. Nah, ini yang menjadi catatan kami,” bebernya.

Sementara itu Ir. Haji Azwar Helmi menambahkan, jika Komisi III DPRD Babel akan terus menjalankan fungsi pengawasan ini, hingga adanya keputusan dari sidang paripurna penyampaian LKPJ oleh Gubernur.

“Khusus hari ini kita ke PU. Ini sebagai bentuk pengawasan, nanti baru kita simpulkan. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Pak Ketua tadi, sudah 100 persen. Kalau kita lihat masih ada yang kurang, masih ada kesempatan untuk dibenahi kembali,” kata dia. (*)

Sumber : Setwan