Membangun Masyarakat Produktif, Sandiaga Berikan Soft Skill Hingga Resmikan Rumah Kreatif Bangka Belitung

oleh -90 Dilihat

BANGKA BELITUNG  — Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara, memberikan pelatihan sekaligus meresmikan Rumah Kreatif Belitung yang dibina oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Bangka Belitung. Rumah Kreatif Belitung tersebut nantinya digunakan sebagai pelatihan keterampilan oleh warga setempat.

Sementara itu, Sandiaga memberikan pelatihan UMKM kepada masyarakat setempat dan inovasi serta soft skill demi membuka peluang – peluang bisnis. Sandiaga juga memberikan beberapa kiat untuk berani mengambil resiko.

“Hari ini saya memberikan pelatihan UMKM berkaca kepada pengalaman saya 25 tahun yang lalu di mana saya memulai usaha setelah krisis. Ternyata di balik krisis itu banyak peluang – peluang usaha. Jadi saya tadi memberikan beberapa kiat seperti inovasi, soft skill yang ditujukan berani mengambil risiko, beradaptasi dan etos kerja 4 As, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas,” kata Sandiaga, Sabtu (28/5/2022).

Sandiaga juga mengatakan, di bulan Oktober nanti akan ada tour 250 kilometer. Diharapkan masyarakat pada kegiatan tersebut dapat menyuguhkan produk – produk kreatif.

“Dalam bulan Oktober nanti akan ada tour de belitung lagi 250 kilometer, ini pasti akan banyak yang ikut serta. Oleh karena itu produk-produk ekonomi kreatif kita harus siap. Sehingga para wisatawan bisa ‘Rojali’ rombongan yang jadi beli, bukan hanya ‘Rohali’ rombongan hanya lihat,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Haryanto selaku Ketua Relawan Gemawira Bangka Belitung berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat lebih meningkatkan kreatifitasnya. Dari kegiatan ini juga diharapkan daoat membuka peluang pekerjaan.

“Jadi dari kegiatan ini semoga kawan – kawan yang katanya tidak ada pekerjaan terbantu dengan acara ini. Kami akan tetap berkolaborasi dengan pemerintah desa yang jelas – jelas itu sebagai ujung tombak untuk perekonomian,” kata Haryanto.

Selain membuat karya produksi, Haryanto juga akan melanjutkan dengan pencarian celah pemasaran. Pemasaran yang dilakukan tidak hanya dalam negeri, Haryanto berharap produk – produk unggulan Bangka Balitung dapat dibutuhkan di luar negeri.

“Selanjutnya kami jelas akan memotivasi lanjutan kepada mereka, kalau mereka sudah berproduksi kita carikan untuk pasarannya. Harapan kami untuk kawan – kawan yang berpotensi produknya untuk di jual keluar ya kita lakukan seleksi, artinya produk – produk yang kita buat memang dibutuhkan diluar,” Kata Haryanto.

Ia berharap, dengan kegiatan ini akan ada lagi produk dari Bangka Belitung yang di ekspor ke luar negeri. Seperti produk sebelumnya yaitu sedotan purun yang terbuat dari tanaman liar atau rumput liar.

Diketahui pelatihan yang dilakukan oleh Gawira Bangka Belitung tersebut ditujukan untuk semua pelaku UMKM di Pulau Bangka Belitung. (*)