Mulkan Buka POPDA Kabupaten Bangka

oleh

BANGKA — Bupati Bangka, Mulkan resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau POPDA Kabupaten Bangka Tahun 2022, Rabu (15/06) sore, di Stadion Bina Satria, Kecamatan Sungailiat.

Delapan kecamatan se – Kabupaten Bangka berpartisipasi mengirimkan pelajar tingkat SMP dan SMA-nya untuk unjuk gigi pada ajang bergengsi itu dengan total tujuh cabang olahraga.

Mulkan mengatakan, kegiatan ini digelar selama empat hari, terhitung sejak tanggal 14 Juni kemarin dan berakhir pada 17 Juni nanti.

” Dimulai 14 sampai 17 Juni 2022.
Allhamdulillah pada sore hari ini, bisa bersama-sama melakukan pembukaan POPDA yang akan diikuti delapan kecamatan di Kabupaten Bangka. Kami atas nama Pemkab Bangka, mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada panitia pelaksana,” kata Mulkan.

Mulkan tidak menampik ajang pekan olahraga pelajar ini sempat terhenti selama dua tahun, yaitu tahun 2020 dan 2021 karena virus Covid – 19 yang mewabah.

Mulkan berharap, pada ajang ini para peserta dan pihak panitia terutama wasit dan juri, dapat menjunjung sportifitas dalam bertanding.

” Kepada anak-anak kita harapkan, harus menjunjung sportifitas. Kami tidak bangga jika kalian menang tapi tidak menjunjung sportifitas. Memang yang utama adalah juara, tapi junjung tinggi sportifitas dalam bermain, dan dalam olahraga kita. Silahkan berkompetisi secara sehat, bukan bersaing dengan tidak sehat. Harapan kami kepada wasit dan juri, harus menjunjung netralitas. Jangan sampai nanti terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana POPDA Kabupaten Bangka 2022, Rozali mengungkapkan, sebanyak 626 orang peserta mengikuti ajang ini.

” Kalau POPDA kali ini luar biasa, jumlah pesertanya ada 626 peserta dari delapan kecamatan dan ditambah kepanitiaan termasuk wasit, juri dan tenaga lapangan itu ada 118,” kata Rozali.

Rozali mengatakan, para pemenang nantinya akan diberikan bonus. Total hadiahnya kata Rozali, sebesar Rp. 64 juta.

POPDA ini juga sebagai ajang seleksi para peserta untuk mewakili Kabupaten Bangka pada Pekan Olahraga Pelajar di tingkat Provinsi. (Randhu)