Musani Minta Pemkab Basel Segera Isi Kursi Kepala OPD Kosong

oleh
Musani

BANGKA SELATAN – Sekretaris Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa, Kabupaten Bangka Selatan, Musani meminta eksekutif segera melaksanakan lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk mengisi kekosongan kepala Organisasi Perangkat Daerah. Sebab cukup banyak kursi eselon II yang kosong dan diisi oleh Pelaksana tugas.

“Sampai saat ini birokrasi di sejumlah organisasi perangkat daerah berjalan pincang akibat kekosongan jabatan sekelas kepala dinas. Oleh karena itu, JPTP harus segera dilaksanakan, supaya kekosongan jabatan segera terisi,” ujar Musani kepada Inpost, Senin (4/7/22).

Ditegaskan dia, jabatan apalagi dibiarkan terlalu lama kosong adalah sebuah kondisi yang memprihatinkan, dan dapat mengganggu kinerja pemerintahan. Dengan belum adanya pejabat definitif secara otomatis akan menghambat kebijakan yang harus diambil OPD.

“Saya miris, Bangka Selatan dengan segala macam persoalannya tapi sampai sekarang masih saja terjadi kekosongan menempati jabatan-jabatan yang sangat vital itu. Kalau dibiarkan terus menerus kekosongan jabatan yang ada sekarang ini, tentu akan sangat berpengaruh besar pada pembangunan,” tegas dia.

Menurut Musani, prosedur pengisian jabatan sudah ada aturannya sehingga tinggal dilaksanakan saja, sama halnya dengan pengisian jabatan sebelumnya seperti Sekretaris Daerah. Selain itu, pengisian jabatan setingkat eselon II perlu dilakukan guna meningkatkan kinerja dan peforma OPD yang bersangkutan.

“Kami Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa, Kabupaten Bangka Selatan mengharapkan yang terbaik bagi jalannya pemerintahan. Karena sebuah organisasi tanpa ketua atau pemimpin jalannya akan kurang maksimal. Bagaimana mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati jika terjadi kekosongan nakhoda OPD, kan tidak maksimal mencapai target target tersebut,” tandasnya.

Pemberitaan sebelumnya, banyak pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan masih berstatus Pelaksana tugas (Plt). Setidaknya ada 10 OPD, 1 Asisten Administrasi Umum, dan 1 Camat yang belum defenitif.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Bangka Selatan, Suprayitno membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, untuk melakukan lelang, pihaknya masih menunggu perintah Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK.

“Plt ada 12 yaitu 10 OPD, 1 Asisten Adum, dan 1 Camat. Untuk lelang menunggu perintah PPK,” kata Suprayitno kepada Inpost, Senin (4/7/22). (Yusuf)