Nico Ingin Perpustakaan Desa Jadi Perpustakaan Digital

oleh -33 Dilihat

BANGKA TENGAH — Komisi 1 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan ke Desa Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah, guna meninjau Perpustakaan Desa tersebut, Senin (28/03/22).

Ketua Komisi I Nico Plamonia Utama, ingin mengajak Perpustakan Desa menjadi bagian dalam membangun Desa lewat inklusi sosial, yang hal ini memang digalakan oleh perpustakaan nasional.

“Di Tanjung Gunung punya peluang sosial yang sangat besar, baik berupa pergerakan masyarakat dan pergerakan bisnis,” ungkapnya.

Nico berharap Perpustakaan Desa Tanjung Gunung dapat menjadi perpustakaan digital. Dia menyarankan Desa Tanjung Gunung untuk mengirimkan proposal, karena hal ini sudah sangat wajib.

Menurutnya, selain buku dan rak buku, perlu ada 3 set komputer dan bukan komputer sembarangan. Selain itu, butuh 2 buah smart tivi.

Nico berjanji akan menyampaikan dan minta Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi utk berkunjung dan membimbing pihak Desa membuat proposal.

Kepala Desa Tanjung Gunung, Muslim, menyampaikan Desa Tanjung Gunung memiliki potensi wisata Bukit Bebek Emas yang dimiliki oleh swasta, tetapi 80 persen pegawainya adalah warga dari Tanjung Gunung.

Selain itu, ada juga pantai Pan Semujur yang direncanakan masuk Kawasan Ekonomi Kreatif, tetapi belum ada kabar lebih lanjut. Pihak Desa Tanjung Gunung berharap adanya perhatian dari DPRD Provinsi terkait KEK ini.

“Tanjung Gunung ingin memiliki pariwisata milik Desa, dan UMKM di sini sudah kami berdayakan. Kami kalau ada kegiatan apapun, kami fokus adakan di Perpustakaan Desa. Kami mau ada tempat bermain di sana, agar anak-anak Desa terpusat bermain di sana,” kata Muslim membeberkan. (*)

Sumber : Setwan