Objek Wisata Babar Ramai Pengunjung, Ali Sebut PAD Meningkat

oleh
Memasuki H + 4 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, jumlah pengunjung Pantai Batu Rakit di Kecamatan Muntok sudah relatif berkurang, Jum'at ( 6/5 ) siang.

BANGKA BARAT — Objek wisata di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat mulai dilirik wisatawan untuk dikunjungi di hari lebaran. Pada Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022 ini, jumlah wisatawan yang datang diperkirakan mencapai angka ribuan orang.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat mencatat dalam dua hari di hari lebaran, tanggal 3 – 4 Mei 2022, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Batu Rakit dan Bukit Menumbing di Kecamatan Muntok sebanyak kurang lebih 2.000 orang.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali, kepadatan pengunjung di dua objek wisata tersebut bahkan sudah terjadi sebelum libur lebaran.

” Selama dua hari kemarin, tanggal 3 dan 4 Mei 2022 itu sudah sekitar 1.000 lebih orang yang berkunjung ke Menumbing, dan di wisata Batu Rakit kurang lebih seperti itu juga, jadi sekitar 2.000 orang yang berkunjung di Menumbing maupun Batu Rakit selama dua hari ini,” terang Ali, Kamis ( 5/5/2022 ) kemarin.

Antusiasme masyarakat mengunjungi objek wisata di Bangka Barat menurut Ali, membawa angin segar bagi dunia pariwisata dan mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah yang telah mencapai angka 45 persen dari target yang ditetapkan.

” Sangat luar biasa, sangat diminati dan PAD yang masuk sangat lumayan sekali. Yang jelas sebelum liburan Wisata Bukit Menumbing itu dari target PAD kami Rp.330 juta dalam empat bulan sudah mencapai 45 persen,” jelasnya.

Padahal menurut Ali saat ini galeri Pesanggrahan Menumbing sedang mengalami kerusakan akibat sambaran petir. Hal tersebut menyebabkan kinerja galeri menjadi terganggu, namun antusiasme masyarakat tidak berkurang untuk berkunjung ke ikon wisata sejarah Bangka Barat tersebut.

” Namun kami juga sangat menyayangkan karena seminggu ke belakang ada sambaran petir yang sedikit menggangu alat – alat. Kami tetap buka tapi ada beberapa hal yang tidak bisa ditayangkan akibat sambaran, tapi kami sudah menyampaikan kepada pengunjung dan pengunjung tetap antusias tetap masuk,” ujar dia. ( SK )