Panen Udang Vaname Desa Bakit, Harga Bisa Tembus 100 Ribu

oleh -352 Dilihat
Panen udang vaname di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Sabtu ( 21/5 ).

BANGKA BARAT — Budidaya udang
vaname di Desa Bakit mulai menunjukkan geliat menggembirakan. Dalam waktu tiga bulan saja sejak menebar benur, masyarakat sudah dapat memanen hasilnya.

Koperasi Produsen Putera Samudera Bakit selaku pengelola budidaya tersebut melaksanakan panen parsial udang vaname di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Sabtu ( 21/5/2022 ).

Ketua Koperasi Produsen Putera Samudera Bakit, Rudiansyah menjelaskan, panen parsial dari delapan kolam ini merupakan kali ketiga sejak menebar benur pada Februari 2022 lalu, sebelum panen raya pada pertengahan bulan Juli mendatang. Dari tiga kali panen itu pihaknya sudah meraup hasil sekitar 1,2 ton.

” Dari tiga kali kali panen parsial, kita sudah mendekati hasil 50 persen. Kemarin total akumulasi parsial sebanyak 1, 2 ton. Langsung diambil dari perusahaan karena sudah ada penampungnya,” jelas Rudi.

Menurut dia, harga udang vaname bervariasi, tergantung ukuran, kisarannya antara 60 hingga 80 ribu rupiah. Namun pada panen raya nanti ia memperkirakan bisa tembus ke angka Rp. 100.000 per kilogram.

Dari hitung – hitungan yang menggiurkan itu, Rudi berharap ke depan masyarakat setempat, terutama 60 persen anggota koperasi yang masih memiliki lahan kosong akan tertarik memanfaatkan lahannya untuk budidaya udang vaname, apalagi air laut sebagai faktor pendukungnya sangat memadai.

” Ini tahap awal, mudah – mudahan dengan percontohan yang ada ini bisa memotivasi masyarakat – masyarakat lainnya untuk bertambah, apalagi prospek pasarnya cukup menjanjikan,” cetus Rudi.

Dikatakannya, untuk kolam yang dikelola warga Desa Bakit melalui koperasinya ini mendapat dukungan modal awal dari PT. Timah. Modal tersebut diberikan kepada masing – masing anggota untuk memelihara dan merawat udang secara intensif hingga panen.

Sedangkan peran Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bangka Barat menurut Rudi, sebagai pembuka pikiran serta memotivasi masyarakat untuk melirik budidaya udang vaname.

” Kami ucapkan sangat berterima kasih kepada PT. Timah karena sudah membantu mendampingi, membina kita masyarakat Bakit, khususnya koperasi. Kita berharap untuk terus berkerja sama,” ujarnya. ( SK )