Pemkab Babar Rencanakan Gelar Pawai HUT RI ke – 77

oleh
Kepala Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat, Safrizal di ruang kerjanya, Senin ( 6/6 ).

BANGK BARAT — Sejak dua tahun lalu peringatan Hari Kemerdekaan RI sepi dari semaraknya perayaan yang meriah. Penyebabnya pandemi Covid – 19 yang masih melanda berbagai daerah.

Namun sejak beberapa pekan belakangan ini, angka positif Covid – 19 di Bangka Barat sudah zero alias nihil. Hal itu membuat Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berniat menggelar pawai pembangunan atau karnaval pada peringatan HUT RI ke – 77, Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Barat, Safrizal di ruang kerjanya, Senin ( 6/6 ).

Namun ia menegaskan pihaknya tetap akan melihat perkembangan situasi pandemi di Bangka Barat sebelum melaksanakan rencana tersebut.

” Insya Allah ada, tapi kita masih melihat dari kondisi status Covid-19 kita, berdoa saja kalau status Covid-19 kita bagus,” kata Safrizal.

Pihaknya pun telah menganggarkan pelaksanaan pawai tersebut. Sementara untuk kegiatan lain seperti gerak jalan kemungkinan belum bisa dilaksanakan karena refocusing anggaran di semua Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ).

Sedangkan untuk upacara peringatan detik – detik proklamasi, menurut dia pihaknya masih menunggu arahan terkait teknis pelaksanaannya. Dia belum bisa memastikan apakah bisa dilaksanakan secara normal kembali atau masih dengan batasan – batasan seperti dua tahun terakhir di masa pandemi.

” Untuk pelaksanaan upacara juga masih menunggu apakah seperti yang kemarin terbatas atau kah bisa kita laksanakan sebelum adanya Covid-19,” ujarnya.

Namun pihaknya tetap melakukan berbagai persiapan terkait hal tersebut, termasuk mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera untuk upacara Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2022.

” Yang pasti kita sudah siap dan dari Dikpora juga sudah melakukan pelatihan terhadap Paskibra sudah berjalan,” pungkasnya.

Sementara itu dari Data Situasi Kasus Konfirmasi Covid – 19 Bangka Barat per Senin 6 Juni 2022, tidak ada lagi pasien yang terkonfirmasi positif terpapar Corona. Pasien yang dirawat atau diisolasi pun kini sudah nihil. ( SK )