Pemkot Pangkalpinang Launching “SIKOKO PENDEKAR”

oleh

PANGKALPINANG — Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil, menghadiri dan memberikan sambutan acara Pendekar Award dan launching Sinergitas, Kolaborasi dan Komitmen Pejuang Pendapatan Asli Daerah (SIKOKO PENDEKAR), di Ballroom Fox Harris Hotel, Jumat (11/03/2022) malam kemarin.

Orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini mengatakan selain launching SIKOKO PENDEKAR, kegiatan ini juga digelar sebagai bentuk apresiasi Pemkot Pangkalpinang kepada para wajib pajak yang telah membayar pajak tepat waktu.

“Selain launching Sikoko Pendekar, malam ini juga bentuk apresiasi kami kepada wajib pajak yang telah membantu dengan membayar pajak tepat waktu, membayar pajak terbanyak dan banyak penghargaan penghargaan yang kita berikan,” ucap pria yang akrab disapa Molen.

Dirinya juga berharap, dengan diadakannya kegiatan ini, dapat memberikan semangat kepada stakeholder terkait untuk dapat lebih giat lagi dalam memperjuangkan PAD.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan pada malam hari ini, dapat memberikan semangat untuk kita semua untuk lebih kerja lagi kerja lagi, berjuang lagi terkait Pendapatan Asli Daerah Kota Pangkalpinang,” ucap Molen.

Selain itu, Kepala Bakeuda Kota Pangkalpinang, Budianto mengatakan salah satu permasalahan yang ada selama ini sulit untuk dihadapi yakni mengenai piutang pajak yang sulit sekali untuk ditagih.

Namun, kata Budi berkat ide-ide Sinergitas dan Kolaborasi serta Komitmen bersama Walikota Pangkalpinang dengan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang, Jefferdian melalui Aplikasi Pendekar telah membantu Pemkot Pangkalpinang dalam meningkatkan PAD.

“Dengan aplikasi pendekar tadi, pemkot pangkalpinang, atas evaluasi kementerian menduduki peringkat 12 untuk tingkat kota. Ini merupakan sejarah bagi Kota Pangkalpinang,” ungkap Budi sapaannya.

Menurutnya, peningkatan pajak tertinggi merupakan pertama kali terjadi di Kota Pangkalpinang sejak kepemimpinan Walikota Pangkalpinang H. Maulan Aklil.

“Baru di 2021, peningkatan pajak tertinggi di jaman pak Molen ini. Untuk pertama kalinya di Kota Pangkalpinang. Ini juga yang akhirnya atas Pendekar tadi, inisiasi beliau juga, pak wali juga yang memunculkan ide-ide yang lain. Ini luar biasa sekali. Ini juga baru pertama kali khusus untuk para pejuang wajib pajak,” jelas Budi.

Maka dari itu, melalui ide-ide yang diberikan, pihaknya sangat menghargai atas hal ini, serta dirinya sangat optimis, PAD yang diinginkan Pemkot Pangkalpinang dapat tercapai.

“Ini yang saya sangat optimis bahwa PAD Pemkot yang diinginkan, akhirnya tercapai. Oleh karena itu, bantu kami Pemkot Pangkalpinang untuk meningkat PAD di Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang, Jefferdian, mengatakan penghargaan tersebut bukan merupakan tujuannya, akan tetapi bagaimana pihaknya dapat memberikan pendapatan kepada daerah.

“Sebenarnya penghargaan ini bukan tujuan saya, tapi bagaimana bisa kami Kejaksaan memberikan pendapatan kepada daerah, walauapun tidak begitu besar. Tetapi bagaimana kami memberikan itu untuk Kota Pangkalpinang,” ucap Jefferdian.

Oleh karena itu, pihaknya menawarkan diri untuk berkolaborasi kepada Pemkot Pangkalpinang dalam gagasan tersebut.

“Oleh sebab itu kami menawarkan diri untuk berkolaborasi kepada pemkot pangkalpinang. Kami sedikit demi sedikit menggagaskan hal ini,” jelas Kepala Kejari Kota Pangkalpinang.

Kegiatan ini selain memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha wajib pajak yang telah membayar pajak tepat waktu, juga di meriahkan oleh Youtubers Nabila Maharani dan juga Tri Suaka. (Iqbal)