Pentingnya Kesadaran untuk Pengelolaan Sampah

oleh -8 Dilihat

BANGKA SELATAN – Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengatakan sampah merupakan permasalahan besar di Indonesia. Karena itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah bagi kelestarian lingkungan. 

Hal tersebut disampaikan Debby dalam acara peresmian, dan serah terima Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle dari Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (29/12/21), di  Desa Delas, Kecamatan Airgegas.

“Saya berharap TPS3R Desa Delas dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya terhadap penanganan dan pengelolaan sampah. Dengan adanya TPS3R ini, lanjutnya Debby, dapat menjadi solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkan,” ucapnya. 

Melalui TPS3R, ini tidak hanya persoalan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi ,namun juga disilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut, 

“Dengan TPS3R ini tidak hanya menjadi solusi pengelolahan sampah, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk edukasi masyarakat, pusat pendidikan dan pusat belajar bagi banyak orang, serta dapat menginspirasi warga untuk memahami penanganan sampah secara berkelanjutan, sehingga warga dapat lebih menjaga lingkungannya,” kata dia. 

Wakil Bupati cantik ini pun berharap fasilitas TPS3Rb ini bisa di jaga, di manfaatkan semaksimal mungkin, atau di kerja samakan dengan kelompok masyarakat yang akan memanfaatkan, dan perlunya peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui TPS3R guna mengurangi beban pengolahan sampah di TPA.

“Semoga nantinya dengan adanya TPS3R Desa Delas memberikan dampak positif dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya terhadap penanganan/pengelolaan sampah serta perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya. (Yusuf)