Pesantren Pondasi Bagi Generasi Muda

oleh -90 Dilihat

BANGKA TENGAH – Pondok Pesantren adalah tempat mengaji santri dan menciptakan serta mengembangkan kepribadian umat muslim, sehingga dapat berperan aktif di lingkungan masyarakat modern seperti saat ini.

“Dapat mengembangkan kepribadian melalui pendidikan, religi, sosial serta penambahan fungsi ekonomi pada pesantren,” ujar Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, Selasa (22/3).

Lanjut Erfian, sejarah pendidikan Islam di Indonesia tidak terlepas dari peran pondok pesantren, untuk memiliki pendidikan tinggi dengan akhlak mulia sebagai kekuatan generasi penerus bangsa.

“Dari jaman dahulu peran pesantren dalam pendidikan sangat besar, terutama dalam pendidikan agama Islam, dimana pesantren dipimpin oleh seorang kyai, yang mendidik dan membimbing para santri agar menjadi manusia beriman, berilmu serta berakhlakul karimah,” terangnya.

Masih kata Erfian, dengan adanya pondok pesantren ini akan menjadi pondasi bagi generasi muda Bangka Tengah ke depannya, karena di pesantren tidak hanya mendapat ilmu agama Islam saja, namun ilmu pendidikan umum pun akan didapatkan.

“Keberadaan pondok pesantren ini menjadi akan pondasi bagi generasi kita kedepannya, bukan hanya ilmu agama Islam yang didapat, tetapi pendidikan ilmu umum yang benar-benar akan menjadi dasar bagi mereka di masa depan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Erfian, suatu negara akan menjadi kuat bukan karena bisa menyejahterakan masyarakatnya, tetapi mampu menciptakan generasi muda dengan bekal pendidikan akhlak, yang baik dan ilmu pendidikan yang tinggi.

“Pertumbuhan pondok pesantren di Bangka Tengah ini perkembangannya terpesat di Provinsi Bangka Belitung, ini tentu menjadi kekuatan bagi kami Pemerintah Daerah untuk memberikan perhatian lebih kepada mereka, agar bisa mendidik generasi ini mempunyai akhlak yang mulia,” pungkasnya. (Hari Yana).