Polairud Awasi Pelabuhan dan Objek Wisata

oleh -50 Dilihat

PANGKALPINANG — Dalam rangka mendukung pengamanan Operasi Ketupat Menumbing 2022, personil Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung memasang spanduk imbauan di tempat-tempat objek wisata dan keramaian.

Di antaranya Posko SAR disiapkan di Dermaga Direktorat Polairud di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Sementara Komandan Kapal RIB-1007 beserta Komandan Kapal RIB-1008 melaporkan, telah melakukan pengawasan dan pengecekan di kawasan objek wisata Pantai Pasir Padi dan sekitarnya, Jum’at (29/4).

Spanduk imbauan juga di tiga titik, yaitu di pintu masuk, di pantai Pasir Padi, dan pintu masuk kolam renang Bhay Park.

Personil Polairud juga mengimbau kepada pengelola objek wisata pantai Pasir Padi dan Bhay Park, agar mengingatkan para pengunjung untuk tetap mematuhi Prokes dan mengutamakan keselamatan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga diingatkan untuk berhati-hati apabila membawa anak ke pinggir atau pada saat mandi dipantai. Apabila ada kejadian menonjol atau musibah di sekitar objek wisata, agar segera menghubungi Posko terdekat atau anggota Ditpolairud dengan nomor kontak yang sudah diberikan.

Dari Komandan Kapal RIB-1006 beserta Komandan Kapal Patroli XXVIII-1002 melaporkan, telah melakukan pengawasan di sekitar objek wisata Pantai Koala Jembatan EMAS dan sekitarnya.

Selain melaksanakan pengecekan dan pengawasan, personil Direktorat Polairud juga memasang spanduk imbauan di tempat tersebut.

Di Pelabuhan ASDP Tanjung Kalian, Muntok, Komandan Kapal XXVIII-2005 Direktorat Polairud melaporkan, telah melaksanakan pengecekan dan pengamanan kapal, juga memasang spanduk imbauan.

Kemudian di Pelabuhan ASDP Sadai, Bangka Selatan, Komadan Kapal XXVIII-2008 Direktorat Polairud melaporkan, telah melakukan pemasangan spanduk imbauan di kawasan pelabuhan, melaksanakan pengecekan dan pengamanan kapal, juga memasang spanduk imbauan di objek wisata Pantai Tanjung Ruu, dan Pantai Tanjung Kerasak.

Direktur Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung, melalui Kabag Bin Ops Kompol Sahbaini, membenarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh personil Direktorat Polairud dan Satpolair Polres jajaran Polda Babel.

“Betul, untuk Pos SAR kita siapkan di Dermaga Direktorat Polairud di Air Anyir. Untuk Satpolair Polres juga sudah kita arahkan untuk melakukan pengawasan dan pengecekan di sekitar wilayah pelabuhan dan objek wisata pantai. Calon penumpang yang hendak mudik kita ingatkan agar jangan beli tiket dari calo atau tempat yang tidak resmi. Belilah tiket di tempat-tempat penjualan tiket yang resmi,” ungkap Sahbaini via sambungan ponselnya Jum’at malam.


Dia menambahkan, personil Polairud juga mengimbau kepada pengelola objek agar mengingatkan para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengutamakan keselamatan. Pengunjung juga diingatkan untuk berhati-hati apabila membawa anak ke pinggir atau pada saat mandi dipantai.

“Apabila ada kejadian menonjol atau musibah di sekitar objek wisata, segera hubungi Posko terdekat atau anggota Ditpolairud dengan nomor kontak yang sudah diberikan,” demikian Sahbaini. (Romlan)