Polairud Siaga di Tempat Wisata Pantai

oleh

PANGKALPINANG — Wakil Direktur Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Irwan Nasution, memimpin apel gelar peralatan SAR dalam rangka mendukung Operasi Ketupat Menumbing 2022 di Mako Direktorat Polairud, Kamis pagi (28/4) kemarin.

Usai apel, Kabag Bin Ops Direktorat Polairud Kompol Sahbaini melakukan pengecekan Pos Pantau yang ada di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, antara lain tempat-tempat wisata Pantai Matras dan Pantai Tikus Emas yang ramai dikunjungi wisatawan.

“Iya, kemarin kita melakukan pengecekan Pos Pantau di wilayah Sungailiat, khususnya di Pantai Matras dan Pantai Tikus Mas,” ungkap Sahbaini seizin Direktur Direktorat Polairud.

Di Pos Pantau Pantai Matras lanjut Sahbaini, disiapkan 5 personil Satpolair Polres Bangka, yang sudah dilengkapi dengan perahu karet dan peralatan keselamatan lainnya. Mereka ditugaskan untuk melakukan pengawasan di kawasan wisata Pantai Matras, Parai, Tongachi dan sekitarnya.

Sedang personil Kapal Direktorat Polairud yang ada di Sungailiat diarahkan untuk melakukan pengawasan di Pantai Tikus Emas, Tanjung Pesona, Teluk Uber, Rambak dan sekitarnya. Kapal Patroli dan personil yang BKO di Sungailiat juga disampaikan agar mengeser perahu karet dan perlengkapan keselamatan ke Pantai Tikus Mas, membuat Pos Pantau, dan memasang spanduk himbauan.

Kompol Sahbaini meminta anggotanya koordinasi dengan pihak pengelola Pantai Tikus Mas. Sarana yang disiapkan 1 unit Ruber Boat dan mesin 40 Pk, beserta alat keselamatan lainnya untuk mendukung pengamanan, dilanjutkan pemasangan sepanduk imbauan kepada masarakat pengunjung di wilayah Pantai Tikus Mas.

Di hari yang sama, personil Kapal Patroli XXVIII-2004 Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama instansi terkait, memasang spanduk imbauan mudik di Pelabuhan ASDP Tanjung Ruk Desa Pegantungan, Kabupaten Belitung. (Romlan)