Polres Bangka Kejar Target 100 Kantong Darah

oleh

BANGKA — Menyambut HUT Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli nanti, Polres Bangka menggelar kegiatan donor darah, Selasa (07/06) di Aula Tribrata Polres Bangka.

Kegiatan kesehatan tersebut dibuka secara umum bagi siapa pun yang ingin mendonorkan darahnya. Polres Bangka menggandeng PMI Kabupaten Bangka dan mengejar target 100 kantong darah bisa didapat dari kegiatan tersebut.

Hal itu dikatakan Kapolres Bangka, melalui Kabag Ops Polres Bangka AKP Capt Yordansyah. Menurutnya, para peserta donor darah pada hari ini berasal dari berbagai kalangan.

” Iya, jadi dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara nanti kita mengadakan donor darah. Salah satu wujud Polri kepada masyarakat yang membutuhkan darah. Tadi peserta alhamdulillah dari seluruh kalangan, ada masyarakat umum, rekan – rekan Polri, TNI bahkan PNS,” ungkap AKP Yordan, saat diwawancara disela kegiatan itu.

AKP Yordan mengatakan, pihaknya menargetkan 100 kantong darah terkumpul dalam kegiatan hari ini. Hingga siang tadi target itu pun sudah terpenuhi.

” Target 100 kantong, ini sudah hampir 100 lebih, dan masih berjalan,” ujarnya.

Di lain pihak, Tego selaku Sekretaris PMI Kabupaten Bangka mengungkapkan, stok darah di PMI Kabupaten Bangka per hari ini masih dikatakan kosong. Kata Tego, hanya ada darah jenis AB saja yang tersedia di PMI Kabupaten Bangka.

” Sampai kondisi pagi ini untuk stok emang kita nggak ada. Cuma ada darah AB ada sekitar empat sampai lima kantong lah. Kalau yang lain emang kosong semua,” kata Tego, saat diwawancara di Polres Bangka.

Tego melanjutkan, jika saja ditargetkan sebanyak 200 kantong darah untuk hari ini, maka hal itu tidak akan terpenuhi. Sebab banyak peserta donor yang dinyatakan gagal mendonorkan darah lantaran faktor tertentu, seperti tensi yang tinggi, kondisi HB yang rendah, faktor obat – obatan bahkan takut dengan jarum.

” Kalau target untuk 200 kantong, mungkin berat ya, karena ini juga masih keteteran. Sebenarnya banyak yang udah daftar, cuma kan karena untuk donor darah ini memang banyak faktor ya, paling tidak tensinya harus cukup, tidak terlalu tinggi kemudian HB-nya, kemudian juga faktor minum obat, apalagi takut jarum. Maka tadi banyak setelah diperiksa itu nggak bisa donor, sebagian memang tensi tinggi,” tuturnya.

Antusiasme peserta dalam pelaksanaan donor darah kali ini lumayan tinggi. Dicky, salah satu warga mengaku senang usai mendonorkan darahnya.

” Allhamdulillah, walaupun kurang darahnya yang penting bisa donor untuk sesama kita masyarakat dan biar kita sehat,” ucapnya semangat.

Sementara dari itu salah satu personel Polres Bangka, AIPDA Ademi yang bertugas sebagai Kanit Intelkam Polsek Belinyu, merasa senang karena bisa mendonorkan darahnya untuk masyarakat.

” Donor darah ini merupakan kegiatan bakti sosial, sudah saatnya kita berbuat untuk masyarakat. Semoga menjadi barokah,” ucap pria kelahiran Petaling ini.

Hingga pukul 15.00 WIB hari ini, kegiatan donor darah tersebut masih berlangsung di Aula Tribrata Polres Bangka. (Randhu)