Porprov ke – VI Bangka Barat Digelar Bulan Juli 2023

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming.

BANGKA BARAT — Palu penetapan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov ) ke – VI telah diketok pada Rapat Koordinasi Pemprov Babel, Pemkab Bangka Barat, KONI serta pihak terkait yang digelar di Gedung LPMP, Pangkalpinang, Kamis ( 23/12 ) kemarin.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming yang ikut hadir dalam rakor tersebut mengatakan, Porprov ke – VI akan diselenggarakan pada bulan Juli 2023 di Kabupaten Bangka Barat.

” Porprov akan diselenggarakan di Bangka Barat bulan Juli 2023 dengan 21 cabor dan 23 disiplin olahraga. Ada dua cabor yang tidak kita laksanakan karena venue-nya tidak ada di Bangka Barat, yaitu renang dan senam,” kata Bong Ming Ming di ruang kerjanya, Jumat ( 24/12 ) siang.

Menurut Wabup, renang dan senam yang tidak masuk ke Porprov akan dipertandingkan di Kejurda. Saat ini Bangka Barat tidak dapat menyiapkan kolam renang, mengingat biaya yang dibutuhkan sangat besar, sekitar 50 milyar.

” Renang itu kan satu kolam renang biayanya 50 milyar. Ya saya rasa belum lah, mending kita bangun rumah sakit. Ya sudah, kita menghilangkan cabor yang itu tapi kita lebih cenderung ke 21 cabor yang sudah ada venuenya,” ujar Bong Ming Ming.

Namun ada usulan agar renang di laksanakan di Kabupaten Bangka dengan kesepakatan, semua biaya pelaksanaan ditanggung oleh mereka sendiri. Kata Wabup, keputusan untuk hal itu masih ditunggu dalam satu minggu ini. Bila Kabupaten Bangka tidak bersedia menanggung biayanya, cabor renang tetap tidak dipertandingkan.

Sarpras lain yang sedang disiapkan yaitu stadion dan sport hall yang hingga kini tidak kunjung rampung. Menurut Wabup, anggaran sport hall dikucurkan dari APBD Bangka Barat, sedangkan stadion dari kocek Pemprov Babel. Dia berharap pihak Pemprov berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunannya di tahun 2023.

” Soal mekanisme penganggaran ( sport hall ) kemaren sudah disepakati oleh DPRD bisa menggunakan dana kita kalau memang ada, bisa juga peminjaman. Tapi kalau stadion ya kita berharap dengan DABA, 2021 dibantu oleh Provinsi 15 milyar, sisanya 35 milyar kita berharap bisa diselesaikan di 2023,” jelasnya.

Bong Ming Ming berharap Porprov ke – VI dapat memunculkan atlet – atlet berpotensi, berprestasi serta berdedikasi bagi Provinsi Babel. Sedangkan bagi Bangka Barat sebagai tuan rumah, diharapkan akan menggeliatkan laju pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat, terutama pelaku UMKM.

” Buat masyarakat titiknya adalah UMKM, bagaimana di setiap titik – titik kegiatan ada slot untuk UMKM, titik penginapan ada untuk UMKM, biar geliat ekonomi pada saat pelaksanaan Porprov bisa dirasakan masyarakat,” cetus Wabup.

” Dan venue – venue itu kita siapkan di semua kecamatan agar Porprov ini dimiliki oleh semua masyarakat di kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat,” sambungnya. ( SK )