Prajurit Kodim Koordinasi ke Dinkes

oleh

BANGKA — Prajurit Kodim 0413 Bangka, mendatangi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Kamis (18/11) pagi, guna melakukan koordinasi dan evaluasi data terhadap penggunaan vaksin jenis Sinovac, yang saat ini digunakan oleh satuan TNI.

Kabid Vaksinasi Dinkes Bangka, Nora, mengatakan pendataan serta penginputan ini sangat penting. Menurutnya, jumlah vaksin yang tersedia sesuai dengan data yang tersedia pada sistem aplikasi online Smile.

” Bahwa sangat perlu diketahui oleh para penginput data Vaksin Koramil jajaran Kabupaten Bangka, karena di Link Smile tersebut, ada pelaporan pengambilan vaksin, jumlah vaksin, jenis vaksin, vaksin dapat dari mana dan penanggung jawab,” kata Nora, Kamis pagi.

Untuk teknisnya, kata Nora, para penginput data diarahkan ke Puskesmas masing-masing wilayah Koramil. Sebab, setiap pukul 13.00 WIB, para penginput data dari pihak Koramil harus melaporkan pemakaian vaksin.

Saat ini, lanjut Nora, ada 12 Puskesmas dan PKM yang sudah memakai vaksin Sinovac milik TNI.

” Dan diharap kan juga hari ini 12 PKM yang ada di Kabupaten Bangka sudah memakai Vaksin Sinovac milik TNI. Karena vaksin TNI sudah di distribudikan oleh Kadinkes ke 12 PKM yang ada di Kabupaten Bangka,” kata dia.

Sementara, Dandim 0413 Bangka, diwakili oleh Perwira Penghubung, Letkol Arm Bontor, menyebutkan peran Babinsa sendiri harus mengarahkan peserta vaksin disetiap wilayahnya, ke Puskesmas masing-masing wilayah. Karena itulah bentuk kerja sama yang dibangun TNI Angkatan Darat, dalam percepatan angka vaksinasi.

” Semua Babinsa bergerak membawa pasien sebagai sasaran vaksinasi ke PKM yang ada di wilayahnya masing-masing, sebagai bentuk kerja sama dalam rangka percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bangka,” ujar Bontor. (Randhu)