PT. Timah Sponsori Refreshment Wasit di Bangka Barat

oleh -12 Dilihat
Suasana kegiatan Refreshment Wasit di Lapangan Bola Unmet Muntok, Jum'at ( 24/12 ).

BANGKA BARAT — Disponsori PT. Timah. Tbk, Club Sepak Bola Timah Muntok bekerja sama dengan ASKAB KONI Bangka Barat, melaksanakan Pembinaan dan Penyegaran ( Refreshment) Wasit di Lapangan Bola Unmet Muntok, Jum’at ( 24/12 ).

Anjas Asmara selaku Ketua Komisi Wasit Bangka Barat menjelaskan, kegiatan refreshment dilakukan guna persiapan menghadapi Porprov ke – VI tahun 2023 mendatang.

Menurut Anjas, kegiatan tersebut dilakukan tidak hanya di dalam gedung, tapi juga langsung di lapangan dari siang hingga sore.

” Kegiatan dilaksanakan selama satu hari untuk persiapan penyegaran turnamen yang ada di Kabupaten Bangka Barat, khususnya untuk kita persiapan di Porprov 2023,” tuturnya.

Anjas menjelaskan dari 90 orang wasit aktif  yang terdaftar dari 6 Kecamatan se- Kabupaten Bangka Barat, terdapat 53 orang yang mengikuti kegiatan tersebut dan memiliki lisensi.

” Yang hadir ini semuanya mempunyai lisensi, kebanyakan C3 dan C2 untuk wasit tingkat provinsi dan C1-nya ada 2 orang, termasuk saya sendiri,” imbuhnya.

Hasil dari refresment nantinya akan dikembalikan ke koordinator kecamatan masing – masing, apakah nantinya akan dilibatkan dalam pelaksanaan Porprov 2023. Selanjutnya kata Anjas, akan ada penyegaran lagi di tingkat provinsi.

” Biasanya di provinsi dilaksanakan setiap satu tahun sekali, dan ini yang pertama kali dilaksanakan agenda baru dalam kepengurusan ASKAB yang baru,” tukasnya.

A.Yeni Susan, salah satu peserta refreshment wasit perempuan asal Desa Pangek, Kecamatan Simpang Teritip dan berdomisili di Dusun Daya Baru, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, menyebutkan, dirinya memang menyukai sepakbola sejak kecil dan termotivasi mengikuti kegiatan demi memajukan persepakbolaan puteri.

” Termotivasi karena kurangnya wasit di Bangka Barat yang perempuan, terutama nantinya bisa memimpin di pertandingan. Saya alhamdulillah sekarang sebagai pelatih perempuan, juga yg sudah mengambil lisensi D se – Babel, jadi motivasi saya untuk memajukan sepakbola puteri di Bangka Barat,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Sutiyarto. R selaku sesepuh sekaligus peserta kegiatan refreshment mengaku telah berkecimpung menjadi wasit sejak tahun 2002 dan pernah bergabung di Persatuan Sepakbola Indonesia Pangkalpinang ( Persipas ) pada tahun 1983.

” Menjadi wasit di tingkat provinsi saya rasa banyak yang berkesan, karena sudah sering dan sudah sejak tahun 2002. Dan kegiatan hari ini tujuannya mengakses kegiatan – kegiatan PSSI yang ada di Bangka Barat. Kita membangun sepakbola Bangka Barat melalui perwasitan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan,  Kepemudaan dan Olahraga Bangka Barat, Rukiman menyampaikan apresiasinya atas peran serta PT. Timah mendukung olahraga di Bangka Barat. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sepakbola Bangka Barat.

” Semoga kegiatan ini menjadi pemacu tumbuhnya kualitas persepakbolaan di Bangka Barat, khususnya peningkatan kompetensi para wasit dalam memahami peraturan persepakbolaan yang semakin berkembang,” ucap Rukiman. ( *** )


Penulis: Ika Indriani Sari
Editor: SK