Rakor Teknis Porprov – ke VI Sepakati 21 Cabor

oleh
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming bersama Steering Committee Porprov VI, Yan Megawandi dalam Rapat Koordinasi Teknis Porprov ke - VI tahun 2023 di Gedung Depati Bahrin Pemprov Babel, Rabu ( 18/5 ).

PANGKALPINANG — Rapat Koordinasi Teknis Porprov ke – VI tahun 2023 yang digelar di Gedung Depati Bahrin, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Rabu ( 18/5 ), menyepakati 21 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan pesta olahraga provinsi tersebut.

Rapat yang dipandu Steering Committee Porprov VI, Yan Megawandi itu dihadiri Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, Bakeuda, BAPPEDA, Disparbudkepora Provinsi Babel, BPKAD dan Disdikpora Pemkab Bangka Barat serta perwakilan KONI se – Provinsi Babel.

Ketua Umum KONI Provinsi Bangka Belitung, Ricky Kurniawan berharap rapat penentuan cabor hari ini menjadi yang terakhir, mengingat waktu pelaksanaan Porprov yang sudah semakin dekat.

” Kita berharap ini rapat terakhir penentuan cabor karena waktu sudah mepet. Nanti kita sudah rapat membahas tahap lainnya, kita sekarang berpacu dengan waktu karena ini tinggal satu tahun lagi,” ucap Ricky.

Menurut dia, Porprov bukan hanya menyangkut marwah Kabupaten Bangka Barat saja selaku tuan rumah, tapi juga marwah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk itu ia mengajak semua pihak agar sama – sama bekerja mensukseskan Porprov VI Bangka Barat 2023.

” Ini bukan marwah Bangka Barat saja, tapi marwah Provinsi Bangka Belitung. Jadi ini kegiatan seluruh KONI. Harapan saya mari kita keroyok apa pun itu kita bahas disini, semoga tidak ada suara sumbang di luar,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming selaku Ketua Panitia Besar Porprov VI mengatakan, event ini merupakan ajang olahraga milik bersama, dengan semangat menghadirkan atlet – atlet berprestasi yang akan membawa harum nama Provinsi Babel pada ajang yang lebih bergengsi.

Bong Ming Ming menegaskan, Bangka Barat sudah siap menyelenggarakan Porprov ke VI, tahun 2023 mendatang, kendati saat ini ada beberapa venue yang belum kelar dibangun, diantaranya stadion dan sport hall.

” Dan kalau yang lain Insya Allah tahun ini bisa kita selesaikan. Sport hall Insya Allah tahun ini kita selesaikan. Stadion kita berharap dapat DABA, kalau provinsi dapat mendukung itu kita dapat selesaikan. Tapi stadion sudah bisa digunakan untuk pembukaan dan pertandingan,” ujar Bong Ming Ming.

Menurut Bong Ming Ming, masalah keterbatasan anggaran menjadi penyebab Pemprov berniat mengurangi jumlah cabor di ajang Porprov. Karena itu ia meminta masukan dari seluruh pengurus KONI yang hadir.

” Kalau bicara anggaran kita semua tidak punya anggaran. Provinsi ada rencana untuk menyederhanakan cabor. Saya minta pendapat dari teman – teman disini apa jalan terbaiknya,” ucap Bong Ming Ming.

Adapun hasil akhir rapat yang termuat dalam Berita Acara Rapat Koordinasi Teknis Porprov ke – VI tahun 2023, adalah sebagai berikut:

1. Porprov ke – VI akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 ( tanggal diinformasikan kemudian ).

2. Pemerintah Kabupaten Bangka siap menjadi tuan rumah cabang olahraga renang, mulai dari kesiapan anggaran dan venue pertandingan, berdasarkan Surat Bupati Bangka Nomor: 600/6884/KONI/X1I/2021 tanggal 28 Desember 2021, Perihal Permohonan Surat Pernyataan Kesanggupan Menjadi Tuan Rumah Cabor Renang PORPROV VI Tahun 2023.

3. Khusus cabang olahraga panjat tebing, menunggu keputusan dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat paling lambat 2 (dua) hari, terhitung dari tanggal 18 Mei 2022 sampai dengan 20 Mei 2022. Dengan catatan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan KONI Kabupaten Bangka Tengah siap menjadi tuan rumah cabor panjat tebing, dari kesiapan anggaran dan venue pertandingan (Surat Pernyataan dan Kesanggupan menjadi Tuan Rumah Cabor Panjat Tebing dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menyusul), apabila Pemerintah Kabupaten Bangka Barat tidak dapat menyelenggarakan cabang olahraga panjat tebing.

4. Menyepakati dan menetapkan perubahan cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PORPROV VI Bangka Barat 2023, yaitu:

1. Atletik. 2. Balap Sepeda 3. Biliar 4. Binaraga. 5. Bola Basket. 6. Bola Voli Indoor/Pasir. 7. Bulutangkis. 8. Catur. 9. Gulat. 10. Karate. 11. Menembak. 12. Panahan. 13. Panjat Tebing. 14. Pencak Silat. 15. Renang. 16. Sepakbola. 17. Sepak Takraw. 18. Taekwondo. 19. Tenis. 20. Tenis Meja. 21. Tinju. ( SK )