Ratusan Santri TPA di Kecamatan Toboali Ikuti Tes Munaqasyah

oleh -10 Dilihat

BANGKA SELATAN – Ratusan santri TKA/TPA dari berbagai desa, dan kelurahan di Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan mengikuti ujian akhir (Munaqasyah) di TPA Baitul Arqam Unit 124, Jalan Teladan AMD Toboali, pada Minggu (06/02/2022).

Ketua Panitia sekaligus Kepala Unit TPA Baitul Arqam, Ustad Syahrullah mengatakan, Munaqasyah dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Quran, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Bangka Selatan ini diikuti 447 santri,

“Materi yang diujiankan meliputi praktik membaca Al-Qur’an beserta tajwidnya, praktik sholat, tes hafalan surah pendek, ayat pilihan, dan doa harian. Santri yang lolos dari ujian munaqosah sendiri berhak mengikuti wisuda yang terdiri dari 2 macam, yakni wisuda tadarus, dan wisuda tahfidz,” ujar Ketua Panitia Munaqasyah ke-XIX Kecamatan Toboali, Ustad Syahrullah kepada Inpost, Selasa (08/02/22).

Menurut ia, kemampuan membaca Al-Quran dengan tartil menjadi salah satu kunci memahami, dan mengamalkan agama Islam secara kaffah. Membekali para siswa yang kelak akan menjadi penerus perjuangan islam dan penerus para pemimpin bangsa yang memiliki pemahaman dan pengamalan agama dengan baik sangat diperlukan, dengan menjadikan Al-Quran sebagai pedomannya.

“Tahun 2022 ini dari 8 kecamatan yang ada di Bangka Selatan, Toboali menjadi yang  pertama. Kami berharap kedepannya Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan agar dapat memberikan perhatiannya kepada kami, sehingga dari dukungan maupun support dari Pemerintah itulah, kedepannya para orang tua tidak ragu untuk memasukkan anaknya belajar ke TPQ,” ujarnya.

Pada kesempan itu, Ustad Syahrullah mengucapkan terima kasih kepada DPD BKPRMI Bangka Selatan khususnya LPPTKA Bangka Selatan yang telah memberikan kesempatan, dan kepercayaan kepada TPA Baitul Arqam sebagai tuan rumah.

“Alhamdullilah, tentunya kami sangat bangga sekali, inilah keadaan TPA kami. Semoga bisa menjadi tuan rumah yang baik dan terbaik dalam Munaqosyah tahun ini,” pungkas Syahrullah. (Yusuf)