Ridwan Ajak Masyarakat Hargai Pahlawan Bangsa

PANGKALPINANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (17/08/22). Atas nama Pemprov Babel dan masyarakat dia mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Di kesempatan ini juga, ia mengajak semua lapisan masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan, sehingga dapat membangun kesejahteraan rakyat. Menurutnya, peringatan hari jadi republik ini, merupakan keharusan untuk diperingati oleh segenap Rakyat Indonesia baik di luar negeri maupun di dalam negeri termasuk di Babel, sebagai bentuk menghormati para pejuang kemerdekaan.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, terutama masyarakat Babel yang merayakan, kita menghormati dan menghargai para pejuang kita yang telah berjasa memerdekakan negeri ini,” ujarnya.

Ridwan Djamaluddin mengajak seluruh masyarakat untuk mengisi kemerdekaan ini dengan membagun negeri, terutama para generasi penerus bangsa sehingga seluruh Masyarakat dapat menikmati kesejahteraan di negeri ini.

Kepada awak media Ridwan menuturkan, Bangsa Indonesia lebih cepat pulih dari Pandemi Covid-19, seiring tingginya kesadaran masyarakat yang melaksanakan vaksinasi, dengan harapan wabah ini cepat berlalu dan ekonomi pulih kembali.

“Kita adalah salah satu negara yang paling banyak melakukan vaksinasi, artinya kesadaran sangat tinggi untuk pulih lebih cepat, kita harus sehat, kita harus bersatu padu memperkuat hal-hal positif, meningkatkan kebersamaan, menjaga kondisi sosial dan mengurangi semua pertentangan di kalangan masyarakat agar kita pulih lebih cepat, sehingga kita kuat sekokoh batu karang,” tegasnya.

Sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan, termasuk pahlawan dari Babel, Ridwan pada kesempatan ini mengenakan baju salah seorang pahlawan yaitu Depati Amir. Sarung berbahan Cual khas Babel dan Destar yang dipakai Depati Amir, semuanya merupakan budaya dan potensi daerah yang harus di pertahankan.

“Saya memakai pakaian Destar Depati Amir, seorang Pahlawan Nasional dari Babel. Saya sekarang juga bangga bahwa anak-anak dari Babel yang berprestasi baik dari bidang akademik, dari bidang kulikuler dan bidang lainnya,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa Pemprov Babel telah mengusulkan salah seorang pejuang kemerdekaan asal Belitung yang bernama H.A.S Hanandjoeddin untuk menjadi Pahlawan Nasional. Usaha ini merupakan bentuk menghormati jasa perjuangan H.A.S Hanandjoeddin, selain menjadikan nama beliau sebagai nama Bandar Udara di Belitung.

“Kita telah usulkan kepada pemerintah pusat supaya H.A.S Hanandjoeddin masuk daftar Pahlawan Nasional di tahun ini,” ungkapnya. (*)


Sumber: Dinas Kominfo