Ridwan: Perhatiannya Sudah Bagus

BANGKA TENGAH – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, menyatakan perhatian pemerintah pusat kepada Provinsi Babel sudah bagus. Hal itu disampaikan Ridwan, menanggapi paparan Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung di Kantor Desa Pedindang, Bangka Tengah, Senin (23/1).

“Sudah bagus perhatiannya kepada provinsi kita, mengalokasikan anggaran Rp 114 miliar. Itu anggaran yang sangat besar, yang jarang-jarang dialokasikan oleh pemerintah pusat. Saya menyarankan kita semua untuk mencari jalan, supaya kita bisa bersepakat bagaimana anggaran yang sudah dialokasikan pemerintah pusat ini tidak sia-sia,” ungkapnya.

Ridwan mengatakan, dalam sebuah program pembangunan pasti ada yang dapat banyak manfaat, ada juga yang mendapat lebih sedikit manfaat, dan ada juga yang kebagian berkorban sedikit.

“Itu biasalah, ya? Di mana-mana juga kita begitu. Sehingga memang ada semangat pengorbanan untuk sesuatu yang lebih besar,” ujarnya.

Mengenai status kepemilikan lahan yang diklaim milik warga sekitar, Ridwan menyarankan agar berunding mencari jalan keluar. Karena kalau ditarik ke arah legal formal, nanti prosesnya akan lama, dikhawatirkan anggaran yang sudah dialokasikan sebelumnya akan dialihkan ke tempat lain.

Termasuk lahan PT Timah dan masyarakat, Ridwan minta agar dilihat status legalnya. Dia juga mengimbau agar menghindari kesalahan dalam mengalokasikan anggaran untuk biaya ganti rugi.

“Jadi kita cari jalan sebaik-baik saja, supaya masyarakat yang selama ini mengelola masih mendapatkan manfaatnya. Walaupun juga bisa kita bisa berhitung, ya? Manfaat itu manfaat hari ini, termasuk juga manfaat kalau nanti ini sudah terbangun,” bebernya. (Romlan)