Sekda Minta OPD Segera Tindaklanjuti BPK Temukan Kerugian Negara Rp 2,4 Miliar

oleh
Eddy Supriadi

BANGKA SELATAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Eddy Supriadi meminta Organisasi Perangkat Daerah untuk segera menindaklanjuti berbagai rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan atas temuan – temuan di Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2021.

“Saya minta kepada para OPD agar semua rekomendasi BPK pengembangangan edit jadi pengembalian untuk segera ditindaklanjuti dan diselesaikan,” tegas Eddy Supriadi kepada Inpost, Kamis (30/06/22).

Menurut Sekda, beberapa Organisasi Perangkat Daerah harus berkomitmen melakukan pengembangan dalam 60 hari kedepan, atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhadap beberapa item kegiatan pada tahun anggaran 2021.

“Nah, ini sudah beberapa hari waktu terus berjalan. Apapun temuannya, penyelesaian itu akan menjadi tanggungjawab OPD masing-masing, karena disertai dengan surat pernyataan SKTJM yang ditandatangani PA saat pencairan anggaran dan adanya kontraktual yang ditandatangani oleh PPK dan penyedia,” tuturnya.

Eddy juga meminta Organisasi Perangkat Daerah agar tidak berpuas diri dengan hasil opini Wajar Tanpa Pengecualian yang didapat dari hasil pemeriksaan LHP LKPD Tahun 2021. Menurut dia, prestasi tersebut dapat terus dipertahankan, namun catatan penting BPK yakni, terus memperbaiki pengelolaan keuangan.

“Kita berharap sebelum 60 hari sudah dapat diselesaikan. Perlu ada kesadaran OPD untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK. Prinsipnya kita akan melakukan upaya percepatan, dan berharap ke depan temuan BPK ini bisa ditekan menjadi lebih kecil lagi,” tutupnya.

Diketahui, berdasarkan rekomendasi BPK RI perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021 terhadap LHP LKPD Tahun 2021, terdapat sedikitnya 15 temuan yang harus ditindaklanjuti oleh Pemkab Bangka Selatan. Untuk temuan Rp 2,4 miliar lebih yang tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah. (Yusuf)