Selain Rumah, Uang Rp. 6 Juta dan Sepeda Motor Ikut Ludes Dibakar Api

oleh -84 Dilihat
Rumah semi permanen milik Bong Anew di Kampung Senang Hati III, RT.02 RW.03, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok ludes dibakar api, Minggu ( 13/2 ) malam.

BANGKA BARAT — Lili ( 65 ) hanya bisa pasrah melihat rumah semi permanen milik orang tuanya, Bong Anew ( 86 ) di Kampung Senang Hati III, RT.02 RW.03, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok ludes dibakar api, Minggu ( 13/2 ) malam.

Rumah tersebut rata dengan tanah, tidak menyisakan apa pun selain puing – puing dan abu sisa kebakaran. Bahkan barang – barang yang berada di dalamnya tidak ada yang dapat diselamatkan dari amukan Si Jago Merah.

Menurut Lili rumah tersebut ditinggali adiknya, Asen ( 63 ) bersama mamanya, Bong Anew. Beruntung saat kejadian mereka sedang tidak berada di rumah dan selamat dari kebakaran. Tapi sejumlah barang berharga, bahkan uang tunai Rp. 6 juta habis terbakar.

” Tidak ada orang, biasanya adik kami sama mama tinggal di rumah, tapi pas kejadian mama sama adik masih di rumah keluarga. Motor, televisi, perabotan rumah semuanya habis terbakar, ada duit Rp. 6 juta juga habis nggak terburu ngambil lagi,” ujar dia.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat, AKP Robby Setiadi Purba mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 23.00 WIB. Seorang saksi yang tinggal tidak jauh dengan Bong Anew mendengar suara gemuruh dan letusan. Setelah dicek ternyata sumber suara tersebut berasal dari rumah yang sedang terbakar.

” Kemudian saksi memberitahukan kejadian tersebut kepada Asen, anak dari Bong Anew yang saat itu sedang berada di rumah paman saksi itu,” kata Robby.

Melihat rumahnya terbakar, Asen berusaha hendak mengambil barang – barang berharga yang kemungkinan masih bisa diselamatkan, tapi karena kobaran api sudah membesar, warga setempat mencegahnya.

Setelah satu jam, Damkar Pemkab Bangka Barat dibantu warga setempat berhasil memadamkan api. Namun rumah Bong Anew berikut barang – barangnya telah keburu hangus terbakar.

” Sekira pukul 11. 20 WIB Damkar dari Pemkab Bangka Barat tiba di lokasi dan segera memadamkan api. Sekira pukul 00.10 WIB, api berhasil dipadamkan,” ujar Robby.

Tidak ada korban jiwa maupun cidera dalam kejadian tersebut. Sementara penyebab kebakaran masih akan didalami polisi, namun Robby menyebut dugaan awal karena korsleting listrik.

” Untuk sementara ini dugaan awal dikarenakan adanya korsleting listrik, tapi kita masih tetap terus melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ucapnya. ( SK )