Sosialisasikan Program Gemari Lewat Bazar Olahan Ikan

oleh

BANGKA TENGAH – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan, mensosialisasikan program Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), lewat bazar Ikan Segar dan Produk Olahan serba Ikan, di Halaman Kantor Dinas Perikanan, Jum’at (11/3).

“Sosialisasi program Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ini, untuk mengkampanyekan agar masyarakat baik itu orang tua maupun anak – anak gemar makan ikan, sehingga asupan gizi dan protein pada tubuh dapat terpenuhi, serta mencegah terjadinya kasus stunting pada pertumbuhan anak,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman yang di dampingi Ketua PKK Bangka Tengah Eva Algafry.

Lanjut Algafry, dalam meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi ikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka melakukan berbagai macam pola dan ragam.

“Berbagai macam olahan berbahan ikan kami galakan, seperti nugget, otak-otak, frozen food, dan produk olahan lainnya, tapi tetap menggunakan bahan utamanya ikan,” terangnya.

Ditambahkan Ketua TP PKK Bangka Tengah, Eva Algafry, betapa pentingnya mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan, karena kandungan gizi dan protein didalamnya sangat bermanfaat untuk tubuh.

“Makanan dari olahan ikan bisa dibuat menjadi menu yang bervariasi dan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan serta mendukung proses tumbuh kembang anak,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan, Taufik, menjelaskan, maksud dan tujuan dari bazar ini, untuk memasarkan, mengenalkan dan mensosialisasikan program Gemarikan, sehingga anak dari usia dini hingga orangtua untuk lebih terbiasa mengkonsumsi ikan.

“Dengan mengkonsumsi ikan, imun akan semakin kuat dan tubuh juga terjaga,” pungkasnya. (Hari Yana).