Terduga Pelaku Penusukan Anak Pemilik Cafe Diamankan Saat Hendak Kabur ke Bali

oleh
Pelaku penusukan saat tiba di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, dikawal sejumlah anggota Reskrim Polres Bangka Barat, Kamis ( 12/5 ).

BANGKA BARAT — Setelah kurang lebih dua bulan menjadi buruan polisi, terduga pelaku penusukan seorang anak pemilik cafe di Kecamatan Muntok, berhasil diamankan. Remaja laki – laki yang masih dibawah umur tersebut tiba di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok dari Jawa Timur, Kamis ( 12/5/2022 )

Terduga pelaku berhasil diamankan personel Reskrim Polres Bangka Barat di Kota Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto memimpin langsung penjemputan remaja belia tersebut di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

Menurut Agus, terduga pelaku sempat melarikan diri ke Sumatera hingga Jawa, bahkan berniat menyeberang ke Pulau Bali setelah melakukan penusukan.

” Sempat kabur ke Palembang, kemudian ke Mesuji, ke Bogor lalu mau ke Bali lewat Banyuwangi. Namun atas kerja sama Buser berhasil melakukan penangkapan di sana. Hari ini sudah di bawa kembali Muntok dan dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut,” jelas Agus.

Menurut Agus, mengingat terduga pelaku yang masih di bawah umur berhasil kabur ke beberapa kota di Sumatera hingga Pulau Jawa, maka pihaknya akan menyelidiki pula kemungkinan dalam pelariannya pelaku dibantu oleh pihak – pihak tertentu.

” Masih kita selidiki apakah ada yang membatu, masih dalam pendalaman,” tukas Kapolres.

Untuk proses hukum, Agus mengatakan, karena terduga pelaku masih berusia 17 tahun dan tergolong di bawah umur, maka polisi akan memprosesnya secara peradilan anak.

” Karena umurnya masih 17 tahun tapi mau mendekati 18 tahun, tapi secara aturan tetap sistem peradilan anak,” ujar Agus.

Sebelumnya Kasat Reskrim Polres Bangka Barat, AKP Robby Setiadi Purba, mengatakan, anggotanya menangkap terduga pelaku di Pelabuhan Ketapang, Kota Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur pada Senin (9/5 ) lalu.

Saat itu terduga pelaku hendak melanjutkan pelariannya menyeberang ke Pulau Bali, namun gagal karena sudah keburu ditangkap personel Reskrim Polres Bangka Barat.

Dia mengatakan anggotanya sedang dalam perjalanan kembali ke Muntok Kabupaten Bangka Barat, setelah berhasil mengamankan pelaku.

” Iya benar sudah kita amankan kemarin sore di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Jatim kemarin senja pukul 17.30 WIB, saat hendak nyeberang ke Denpasar. Saat ini anggota sedang diperjalanan kembali ke Muntok, bersama pelaku,” ungkap AKP Robby, Selasa (10/5 ) lalu.

Diberitakan sebelumnya, seorang anak pemilik cafe di Kecamatan Muntok terluka parah setelah ditusuk oleh orang tidak dikenal pada Sabtu ( 16/4 ) malam silam, di Kecamatan Muntok.

Diketahui, salah seorang korban merupakan anak pemilik cafe di Kecamatan Muntok yang masih dibawah umur, mengalami luka cukup parah di perut sebelah kirinya dan dilarikan ke Rumah Sakit Bakti Wara, Pangkalpinang. Sedangkan satu korban lainnya berinisial HS juga mengalami luka.

Setelah melakukan penusukan tersebut, pelaku melarikan diri dan menjadi buronan polisi.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto menegaskan, pihaknya sudah mengantongi identitas pelaku dan masih memburunya. Kapolres berharap sang pelaku bisa diamankan secepatnya.

” Pelakunya masih kita kejar, mudah – mudahan cepat tertangkap,” ujar Agus. ( SK )