Tugu Duren Muntok Sudah Mulai Dibangun Lagi

oleh -29 Dilihat
Tugu Duren yang telah roboh mulai dibangun kembali. Diperkirakan akan lebih indah dan ikonik. Foto: SK, Sabtu ( 12/2 ).

BANGKA BARAT — Tugu Durian atau biasa disebut tugu duren di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Muntok yang sebelumnya roboh kini mulai dibangun kembali. Diperkirakan dalam dua atau tiga bulan ke depan pengerjaannya akan rampung.

” Tugu Duren sudah dimulai Insya Allah dalam waktu dekat saya lihat baru persiapan bahan – bahan. Harusnya dalam dua atau tiga bulan selesai lah ya,” ujar Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming kepada Inpost disela kegiatan Penanaman 3.000 Pohon Mangrove di Pantai Teluk Rubiah, dekat dermaga Pasar Ikan, Kelurahan Tanjung, Muntok, Sabtu ( 12/2 ) siang.

Menurut Wabup, anggaran untuk pembangunan tugu tersebut kurang lebih Rp. 300 juta, disponsori oleh Bank Sumsel Babel, namun perawatannya nanti akan menjadi tanggung jawab Pemda Bangka Barat.

Desain Tugu Duren yang dikerjakan ini sebelumnya sudah pernah diposting Bong Ming Ming di facebook dan Instagramnya. Menurut dia, tugu baru nanti tentu akan lebih indah karena memang menonjolkan sisi estetikanya.

” Jadinya ya Taman Tugu Duren tapi dengan desain yang berbeda ( dari yang lama ). Desainnya yang pernah saya posting itu, artinya sesuatu yang sama tapi ikon dari sisi estetikanya berbeda,” ujarnya.

Bong Ming menerangkan, Tugu Duren sudah pasti melambangkan Kabupaten Bangka Barat, khususnya Kecamatan Muntok sebagai salah satu daerah penghasil durian terbaik se – Indonesia. Disamping itu ada beberapa item dalam desainnya yang memiliki arti tersendiri.

” Yang jelas melambangkan bahwa kita ini salah satu penghasil durian terbaik se Indonesia, terbaik, manis dan lainnya. Ada tangan itu artinya kita orang yang selalu bersama – sama berbagi dan sebagainya. Lambang tiang tiang itu melambangkan kebersamaan dan kerukunan masyarakat Bangka Barat,” terangnya.

Dia menambahkan, nanti setelah tugu tersebut selesai, diharapkan tidak ada lagi pedagang – pedagang yang mangkal di sekitar lokasi Tugu Duren seperti sebelumnya.

” Nanti nggak boleh jualan disitu, di tempat lain saja,” ucap Bong Ming Ming. ( SK )