20.245 Anak Usia 6-11 Tahun Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

oleh
Supriyadi

BANGKA SELATAN – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, mencatat, sasaran vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun berjumlah 20.245 orang.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi menyampaikan, pemberian vaksin Covid-19 bagi anak tersebut akan mendukung terwujudnya keamanan, dan kenyamanan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

“Oleh karena itu vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun di Bangka Selatan ini menyasar Sekolah Dasar Negeri, dan Swasta sebanyak 20.245 orang,” ujarnya kepada Inpost, Senin (10/01/21).

Menurut Kemenkes, kata Supriyadi, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini rencananya akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

‘Alhamdulilah, vaksinasi anak di Bangka Selatan telah dimulai pada tanggal 5 Januari lalu. Dan ternyata antusias anak-anak ini sangat besar untuk bisa vaksin, apalagi vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini aman untuk dilakukan,” bebernya. 

Dinas Kesehatan mengimbau para orangtua agar tidak perlu ragu anak-anaknya di rentang usia tersebut untuk mengikuti vaksinasi covid-19. Apalagi, kata Supriyadi, pemberian vaksin Covid-19 pasa usia 6-11 tahun mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatioon.

“Vaksin yang digunakan usia 6-11 tahun ialah jenis sinovac dan telah mendapat rekomendasi BPOM dan ITAGI. Jadi dalam pemberian vaksin dilakukan sesuai standar yang ditetapkan,” ungkapnya. (Yusuf)