BANGKA BARATHEADLINEPEMPROV BABEL

Bangka Barat Memiliki Sejarah Yang Cukup Menarik

×

Bangka Barat Memiliki Sejarah Yang Cukup Menarik

Sebarkan artikel ini
Rapat paripurna istimewa HUT ke-21 Kabupaten Bangka Barat, Senin (27/5). Foto: SK

BANGKA BARAT – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Asisten III Administrasi dan Umum, Yunan Helmi, menghadiri rapat paripurna istimewa HUT ke-21 Kabupaten Bangka Barat di Gedung Mahligai Betason 2 DPRD Bangka Barat, Senin (27/5/2024).

Menurut Yunan Helmi, Kabupaten Bangka Barat memiliki kelebihan dan keunikan jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu disebabkan Bangka Barat mulai dari awal pembentukannya memiliki sejarah yang cukup menarik, khususnya terkait dengan letak geografis yang berada di ujung barat Pulau Bangka yang berbatasan dengan Pulau Sumatera, komoditas timah dan lada hingga terkait dengan sejarah kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

READ  Program Gule Kabung Masih Seumur Jagung, Sudah Raih Indonesia Awards 2023

“Hal tersebut menjadikan Kabupaten Bangka Barat memiliki ragam kebudayaan yang kaya,” ucap Yunan membacakan sambutan Penjabat Gubernur Babel.

Dikatakannya, potensi kekayaan dan warisan budaya di Bangka Barat memberi peluang yang sangat besar bagi perkembangan destinasi pariwisata.

Selain itu kearifan lokal, nilai sejarah yang tinggi, pesona keindahan alam, serta tradisi dan akulturasi budaya merupakan harta kekayaan dan potensi dalam perkembangan peradaban yang dimiliki oleh Kabupaten Bangka Barat.
READ  Dorong Penguatan PAD Untuk Kemandirian Fiskal

“Kami dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung dan mengharapkan program-program dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang mampu memberikan kontribusi dalam penguatan pilar-pilar pembangunan, yang sejalan dengan kebijakan pembangunan nasional yang berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata dia.

“Pariwisata adalah satu prospek terbaik yang apabila dikelola dengan baik dan benar akan memiliki multiplier effect terhadap berbagai sektor ekonomi masyarakat,” sambung Yunan.

Oleh karena itu kata dia, diperlukan peran pemerintah, dinas terkait, kelembagaan komunitas serta stakeholder untuk berbuat dan mengemas ke dalam event dan paket wisata yang akan menumbuhkan minat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bangka Barat.
READ  IPSI Kota Pangkalpinang Gelar Penataran Wasit Juri dan Pelatih

Yunan juga menyinggung pengembangan kawasan industri pelabuhan terpadu Tanjung Ular, menjadi potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Bangka Barat. Dari sektor ini diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan daerah.

Untuk itu, evaluasi proyek strategis nasional dan evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional yang memerlukan pembenahan-pembenahan agar dapat ditindaklanjuti segera dan menjadi titik perhatian bersama.

Menurut dia, sinergi dan kerja sama multipihak harua terjalin, inisiatif menghadirkan dan mengedepankan unsur pentahelix merupakan kolaborasi ideal yang harus ditingkatkan.
READ  Penjabat Gubernur Singah Pantau Infrastruktur

Yunan juga menyinggung Pilkada 2024 Bangka Barat. Dia berharap dari perhelatan pesta demokrasi ini terpilih pemimpin yang cerdas dan amanah yang dapat membawa Kabupaten Bangka Barat menjadi lebih baik, maju dan sejahtera dan menjadikan potensi yang dimiliki sebagai peluang yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Meletakkan komitmen dan menancapkan niat mengikuti pemilihan calon bupati dan wakil bupati berarti kesediaan untuk mendarmabaktikan diri mempertanggungjawabkan sekaligus amanah besar untuk Kabupaten Bangka Barat yang kita cintai,” tutupnya. (SK)

Sumber: portaldutaradi.com