HEADLINEPEMPROV BABEL

Peran BPS Sangatlah Vital

39
×

Peran BPS Sangatlah Vital

Sebarkan artikel ini
Sumber foto: Dinas Kominfo

PANGKALPINANG – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Afriyanto bersama Kepala Perangkat Daerah terkait menghadiri Rilis Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik Provinsi Babel Tahun 2024 di Aula Kantor BPS, Senin (3/6/24).

Dalam sambutannya Fery Aprianto mengakui statistik memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Karena itu peran BPS sebagai lembaga penyedia statistik berkualitas sangatlah vital.

“BPS diharapkan mampu menjadi pusat rujukan data, hampir untuk semua aspek. Tentunya kami pihak pemerintah daerah selaku pengguna data BPS, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh BPS untuk melakukan rilis indikator statistik secara berkala seperti yang sedang kita lakukan pada hari ini,” ungkapnya.

READ  Mayat Pria Ditemukan di Pantai Dusun Pejam

Sebagai bentuk antisipasi peningkatan kebutuhan barang dan jasa (kenaikan harga) yang biasa terjadi jelang momen Hari Raya, yakni Hari Raya Idul Adha.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah melakukan sejumlah upaya strategis untuk menekan angka inflasi atau kenaikan harga pada momen lebaran tersebut.

“Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, Pemda diimbau untuk melakukan tiga hal, yakni menyelenggarakan Gerakan Pasar Murah, melakukan sinergitas dengan TPID Kabupaten/Kota, serta melakukan pemantauan harga pasar secara berkala,” tuturnya.
READ  Ridwan Pimpin Patroli di Teluk Kelabat

Selain itu, Fery juga mengungkapkan komitmen dalam memperkuat pengendalian inflasi pangan dilakukan TPID Babel bersama Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung di Tahun 2024.

Yang melakukan kerja sama dengan Provinsi Jawa Barat dalam hal komoditi bawang merah, aneka cabai, dan sayuran secara Business To Business/Antar Pelaku Bisnis.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat secara Goverment To Goverment.
READ  Ridwan Berharap Sinergitas Semakin Solid

Fery memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan BPS dalam melakukan rilis indikator statistik secara berkala seperti yang dilakukan hari ini.

Peran BPS sebagai lembaga penyedia statistik berkualitas sangatlah vital. BPS diharapkannya mampu menjadi pusat rujukan data untuk hampir semua aspek.

Diharapkan juga agar indikator yang telah dirilis ini dapat digunakan oleh pemerintah untuk perencanaan pembangunan dengan sebaik-baiknya, sehingga pada akhirnya akan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Serumpun Sebalai ini.
READ  Donald Harapkan Bantuan Hibah Untuk Pendidikan Politik

“Rilis berkala ini merupakan salah satu upaya BPS untuk mendiseminasikan data kepada para pengguna, sehingga data tersebut akan dapat digunakan sesuai kepentingan masing-masing,” kata dia.

Sementara Kepala BPS Provinsi Babel, Toto Haryanto Silitonga, menyampaikan bahwa Indeks Harga Konsumen /Inflasi bulan Mei 2024 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami inflasi y-on-y sebesar 1,25 persen dan deflasi m-to-m sebesar 0,32 persen dengan IHK 104,27.

“Andil inflasi y-on-y utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (SKM), dan bawang merah. Sementara itu andil deflasi m-to-m utamanya disumbang komoditas beras, angkutan udara, dan udang basah,” paparnya. (*)

Sumber: Dinas Kominfo