HEADLINEKAMTIBMAS

Polda Babel Gelar Rakor Bersama Forkopimda, KPU Dan Bawaslu

×

Polda Babel Gelar Rakor Bersama Forkopimda, KPU Dan Bawaslu

Sebarkan artikel ini
Gelar Operasional dan Pembinaan Triwulan I dan II tahun 2024, serta Rapat Koordinasi Pilkada Serentak tahun 2024. di Belitung, Kamis (4/7). Foto: tribratanews.babel.polri.go.id/

BELITUNG – Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Gelar Operasional dan Pembinaan Triwulan I dan II tahun 2024, serta Rapat Koordinasi Pilkada Serentak tahun 2024 dalam rangka mensukseskan Pilkada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Belitung ini, Kamis (4/7/24), dihadiri langsung oleh Kapolda Irjen Pol Tornagogo Sihombing, serta Danrem 045/Gaya.

Selain itu, turut hadir Wakapolda Brigjen Sugeng Suprijanto, Ketua KPU dan Bawaslu serta Pejabat Utama Polda dan Kapolres Jajaran.

READ  Bangka Tengah Kembali Raih Penghargaan Bergengsi
READ  PKK Provinsi Babel Gelar Rapat Rutin

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan kegiatan ini digelar sebagai sarana evaluasi dan peningkatan kualitas kinerja khususnya Polda Babel terkait dengan kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024.

Dikatakan Kapolda, Pemilu Presiden tahun 2024 yang baru saja dilewati pada Februari lalu merupakan bukti kekuatan demokrasi yang baik.

Mengingat, masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menunjukkan partisipasi yang tinggi dan kedewasaan dalam menjalankan hak politiknya.
READ  Pasca Banjir, Polisi Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Warga
READ  Peringatan 1 Muharram, Satpol PP Babel Gelar Tabligh Akbar

“Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu Presiden 2024 yang lalu menjadi landasan kuat bagi kita semua untuk melanjutkan momentum positif ini menuju Pilkada Serentak 2024 dengan semangat yang sama,” tuturnya.

Selain itu, Tornagogo menerangkan adanya berbagai potensi risiko dan ancaman yang mungkin timbul selama proses kampanye, pemungutan suara hingga pengumuman hasil.

Sehingga diperlukan koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak terkait termasuk TNI, Pemda, KPU, Bawaslu serta stakeholder lainnya.
READ  Gubernur Tinjau Vaksinasi Tahap Kedua di Desa Jeriji
READ  Populi Center Rilis Hasil Survei Nasional, Elektabilitas Pasangan Prabowo-Gibran Unggul 52,5%

“Kolaborasi ini tentunya sangat penting untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Bangka Belitung dapat berjalan lancar, aman, dan demokratis,” terangnya.

Dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024 ini, lanjut Kapolda, pihaknya bersama jajaran akan melaksanakan operasi terpusat dengan sandi operasi Mantap Praja Menumbing 2024.

Operasi sendiri akan digelar selama 115 hari dengan kekuatan personel yang terlibat operasi sebanyak 2.871 personel.
READ  Emak - emak Minta Tambang di Tembelok Tetap Jalan
READ  Pengrusakan PIP Akan Diproses Sesuai Aturan

Selain itu, ditambahkan Kapolda, pihaknya mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah atas dukungan yang telah diberikan kepada Polda Bangka Belitung.

“Kami apresiasi setinggi-tingginya karena dukungan inilah sangat diperlukan dikarenakan tantangan yang akan dihadapi dalam pengamanan nantinya tidaklah ringan, terutama mengingat kompleksitas situasi sosial, politik, dan ekonomi yang terus berubah di daerah ini,” kata Kapolda. (*)

Sumber: tribratanews.babel.polri.go.id/