HEADLINEPEMPROV BABEL

Safrizal Sebut Inflasi di Babel Terkendali dan Rendah

189
×

Safrizal Sebut Inflasi di Babel Terkendali dan Rendah

Sebarkan artikel ini
Foto: Dinas Kominfo

PANGKALPINANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali, menghadiri Rilis Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik Provinsi Babel pada Kamis (1/7/2024) di Aula BPS Babel di Air Itam Pangkalpinang.

Dari data rilis BPS Babel, Provinsi Babel tercatat mengalami inflasi year on year sebesar 0,84 persen dan deflasi month to month sebesar 0,39 persen dengan Indeks Harga konsumen 103,54.

Andil inflasi year on year utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin, dan emas perhiasan. Sementara itu andil deflasi month to month utamanya disumbang komoditas bawang merah, cabai merah dan beras.

READ  Capaska Nasional Asal Babel Akan Berangkat ke Cibubur
READ  Penjabat Gubernur Safrizal Ikut Salatkan Jenazah Ayahanda Atok Kulop

Safrizal mengungkapkan, tidak ada gejolak komoditi harga dan saat ini inflasi Babel rendah dan stabil. Dikatakannya, hari ini rata-rata harga komoditi kita disektor paling bawah, dan ini harus dijaga agar kita paling bawah walaupun kita ada resiko juga mengalami inflasi di beberapa komoditi.

“Karena berdasarkan informasi dari BMKG akan masuk ke musim panas ini beresiko bagi beberapa komoditi yang membutuhkan cukup air bagi tanaman petani, misalnya bawang merah kemudian cabai merah kemudian termasuk padi,” ungkap.

“Ini di beberapa lokasi digital seperti di Toboali ada beberapa lahan yang sudah mulai kekeringan air sehingga komoditinya diubah dari komoditi yang membutuhkan cukup air menjadi komoditi yang dengan sedikit air pun masih tetap bisa tumbuh,” ujarnya.
READ  Pemerintah Pusat Percepat Perbaikan Pelayanan Publik
READ  Henri Puji Makanan Bangka

Sehingga dijelaskannya, perlu strategi-strategi guna menjaga supaya inflasi ini tetap rendah namun tidak terlalu fluktuatif.

“Jadi kalau turun, ya turunnya pelan-pelan kalau naik maka naiknya pelan-pelan. Inflasi kita ini masih rendah terbawah se Indonesia jadi, bahan pokok ini rendah malahan bahan-bahan olahan juga akan ikut rendah. Nah, jadi misalnya harga beras rendah, harga cabe rendah, harga bawang rendah, maka berikutnya harga-harga di rumah makan akan ikut stabil rendah,” tambahnya.

Menurut Safrizal, dari data rilis BPS ini juga ada beberapa hal yang akan ditindaklanjuti, misalnya beberapa angka-angka ekspor sudah bagus, tinggal didorong beberapa jenis komoditi yang kelihatan sudah meningkat tajam.
READ  Longgarnya Pengamanan di Tanjung Kalian Jadi Perhatian Bupati
READ  Perlang Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

“Kalau bulan Januari-Februari kita 0% untuk ekspor misalnya ekspor timah, kita akan terus dorong para pemilik usaha pertambangan ini untuk mengecek produksinya dan ini akan membantu bagi hasil bagi pemerintah provinsi dan juga dari pemanfaatan air tanah,” kata dia.

Dirinya juga menggenjot investasi dan memberikan kemudahan izin usaha. Misalnya ada yang ingin berinvestasi perkebunan bambu, ada yang mengajukan pembuatan pabrik kaulin.

“Sepanjang investasi tersebut make sense dan visible, kita akan memberikan karpet merah,” pungkasnya. (*)

Sumber: Dinas Kominfo