HEADLINEPEMPROV BABEL

Bahas Langkah Strategis Kurangi Pengangguran di Babel

×

Bahas Langkah Strategis Kurangi Pengangguran di Babel

Sebarkan artikel ini
Foto: Dinas Kominfo

JAKARTA – Melihat potensi dan permasalahan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membawa Penjabat Gubernur Babel, Sugito, menyambangi Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, untuk berdiskusi langsung membahas hal tersebut bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, Jumat (27/9/24).

Dikatakan oleh Sugito, dalam pertemuan tersebut dibahas langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Babel, seperti dengan pendidikan vokasi, padat karya, Job Fair atau yang lainnya.

READ  Suganda Optimis Bisa Optimalisasi Potensi Daerah

Setelah berdiskusi cukup mendalam, akhirnya diputuskan solusinya ialah dengan mengadakan pengembangan program pelatihan keterampilan yang terintegrasi dengan kebutuhan industri baik lokal, dalam negeri, ataupun pekerja migran Indonesia. Di mana nantinya program ini akan menggandeng perusahaan dan mitra di wilayah Babel.

“Dari hasil diskusi tersebut, kami berencana untuk menyelenggarakan pelatihan yang sesuai dengan profil kebutuhan tenaga kerja, sehingga lulusan pelatihan dapat langsung terserap di pasar kerja,” ujarnya.
READ  Suhendro Soroti Kebijakan Pemerintah Terkait Persoalan Muara Air Kantung

Sugito juga mengatakan, akan memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan pusat, mengedukasi masyarakat, dan mendorong lahirnya wirausaha baru berbasis potensi lokal.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan pusat dalam mendorong investasi di sektor-sektor tersebut. Kami juga akan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diversifikasi pekerjaan dan keterampilan baru untuk menghadapi tantangan pasar kerja yang terus berubah, juga mendorong lahirnya wirausaha baru berbasis potensi lokal,” katanya. (*)

Sumber: Dinas Kominfo

Tinggalkan Balasan