HEADLINEPEMPROV BABEL

Sugito Sebut DKP Miliki Peran Penting

×

Sugito Sebut DKP Miliki Peran Penting

Sebarkan artikel ini
Foto: Dinas Kominfo

PANGKALPINANG – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki peran penting dalam mendorong transformasi ekonomi masyarakat.

Pernyataan itu ditegaskan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sugito, saat mengunjungi Dinas DKP, Selasa (1/10/24).

Menurutnya, setelah selama satu bulan lebih menjalankan tugas di Provinsi ini, dirinya menilai ada tantangan besar yang harus dijawab, yaitu karena Bangka Belitung merupakan provinsi dengan basic kepulauan, terdiri dari lebih dari 500 pulau.

READ  Erzaldi Sebut Refinery Palm Oil di Tanjung Kalian Tidak Ada Kendala

Pada posisi tersebut dilihat dari kewilayahan, terdapat 309 desa, dan 82 kelurahan, atau jika dipersentasikan sekitar 78% desa dan 22% kelurahan.

“Dari 47 kecamatan yang ada, 37-nya merupakan kecamatan pesisir. Artinya, kebanyakan masyarakat kita berada di wilayah pesisir yang mengandalkan dari perikanan tangkap di laut” jelasnya.

Oleh karena itu dalam strategi dan kebijakannya, Pj Gubernur Sugito lebih menekankan kepada daerah pesisir ini.
READ  Suganda Cek Kualitas Beras Bansos di Bulog

“Kenapa saya mulai dari desa, dari kecamatan, karena masyarakat ada di sana. Saya pikir Dinas Kelautan dan Perikanan memiliki peranan yang penting dalam mendorong transformasi ekonomi,” ungkapnya kepada Kepala Dinas DKP Babel, Agus Suryadi dan jajaran.

Salah satu kebijakannya adalah pada level mikro di Pemerintahan Desa, ada dana desa yang 20 % digunakan untuk mendorong ketahanan pangan.

Ketahanan pangan ini tidak hanya dimaknai untuk makanan pokok beras saja, tetapi ketahanan pangan nabati maupun hewani, termasuk di dalamnya adalah ikan.
READ  Ridwan Sebut Sudah Bagus

“Oleh sebab itu, peran DKP sangat besar dalam membantu penanganan ketahanan pangan dan inflasi di sektor perikanan. Sehingga perikanan tangkap dan perikanan budidaya menjadi penting untuk dikembangkan di masyarakat,” harapnya.

Sementara Kepala DKP Pemprov Babel, Agus Suryadi, menyambut hangat kehadiran Sugito. Dan atas arahan yang disampaikan, pihaknya menindaklanjuti dengan memaksimalkan program dan kegiatan yang ada di DKP.

“Saya sangat senang atas kedatangan Penjabat Gubernur ke DKP disela-sela kesibukan beliau, hingga dapat memberikan arahan kepada ASN dilingkungan DKP. Atas arahan yang disampaikan beliau, kami siap melaksanakannya,” kata dia. (*)

Sumber: Dinas Kominfo