BANGKA BARATHEADLINE

Harapan IRT Ketika Serbu Gerakan Pangan Murah

×

Harapan IRT Ketika Serbu Gerakan Pangan Murah

Sebarkan artikel ini
Gerakan Pangan Murah di Lapangan Gelora, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat diserbu IRT, Rabu (16/10/2024). Foto: SK

BANGKA BARAT – Puluhan masyarakat yang didominasi ibu rumah tangga menyerbu Gerakan Pangan Murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Barat, di Lapangan Gelora Kecamatan Mentok, Rabu (16/10/2024) pagi.

Sekretaris Daerah Bangka Barat Muhammad Soleh, mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia dan HUT ke-79 TNI. Tujuannya untuk menjaga stok pangan dan mengendalikan harga bahan pokok.

“Jadi memang ada beberapa bahan pokok seperti beras dan juga yang lain, cabai dan sebagainya. Beras SPHP disiapkan 8 ton. Harganya pasti di bawah harga pasar,” ujar Soleh kepada wartawan.

READ  Maksimalkan Penanaman di Seluruh Lahan Kritis

Dikatakan Soleh, Gerakan Pangan Murah ini merupakan kegiatan Badan Pangan Nasional yang dilaksanakan DKPP Bangka Barat.

Pemda bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Bangka dan beberapa vendor seperti CV Rantai Mas, CV Azza, Toko Abut untuk pengadaan bahah pokok yang dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar pada kegiatan ini.

“Dan ada juga beberapa petani binaan, distributor ayam potong, UMKM dan lain-lain,” sambungnya.
READ  PIP di Belo Laut Sudah Dapat Restu dari Masyarakat Nelayan

Nopi (43) warga Kampung Tegalrejo, Kecamatan Mentok mengatakan, dirinya sejak pukul 08.00 WIB sudah berada di Lapangan Gelora demi untuk membeli sembako murah.

“Rencananya mau beli beras SPHP, Rp11.800 per kilogram. Kalau di pasar biasanya per karung Rp62.000. Jadi murah lah bedanya 4.000. Nanti paling beli dua karung,” ujarnya.

Senada dengan Nopi, warga Kampung Tegalrejo lainnya bernama Eri (48) juga mengatakan, dirinya rela datang sejak pagi karena ingin belanja bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasar.
READ  Sanksi Terberat Akan Diberikan

“Saya mau beli beras sama minyak goreng. Yang 400 ml harganya Rp14.000. Minyak itu kalau di pasar Rp17.000, lebih murah Rp3.000,” ujar Eri.

Baik Nopi maupun Eri berharap kegiatan seperti ini lebih sering diadakan, agar mereka, khususnya ibu rumah tangga merasa sedikit terbantu.

“Kalau bisa acara seperti ini lebih sering diadakan karena sangat membantu masyarakat. Sekarang ekonomi sedang susah jadi kita cari yang murah, yang penting terutama beras,” ucap Eri.
READ  Bangka Selatan Raih Penghargaan Beruntun

Berikut beberapa bahan pokok yang disediakan di GPM di Lapangan Gelora Mentok:

*Beras SPHP Rp11.800 per 1 kg
*Minyak Goreng Fortune Rp17.500 per 1 liter
*Terigu Rp16.000 per 1 kg
*Gula Vit Rp17.500 per 1 kg
*Minyak Kita Rp15.500 per 1 liter
*Beras Sendok Rp68.000 per 5 kg
*Cabe besar Rp24.000 per 1 kg
*Cabe kecil Rp55.000 per 1 kg
*Ayam potong Rp33.000 per 1 kg. (SK)

Sumber: portaldutaradio.com

Tinggalkan Balasan