Babar Zero Covid, Putra Sarankan Hindari Kerumunan di Tahun Baru 2022

oleh

BANGKA BARAT — Sejak sepuluh hari belakangan, Bangka Barat nihil dari kasus baru Covid – 19. Bahkan dalam dua hari ini, terhitung sejak kemarin, Selasa ( 28/2 ), tidak ada lagi pasien positif yang diisolasi. Dua orang terakhir kini dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid – 19 Bangka Barat per Rabu, ( 29/12 ), Kabupaten Bangka Barat telah zero dari pandemi Covid – 19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid – 19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma mengatakan, kendati sudah zero, masyarakat diharapkan tidak lengah dan menghindari membuat acara yang bersifat mengundang kerumunan, terutama saat menyambut Tahun Baru 2022 yang tinggal beberapa hari lagi.

” Sebaiknya ( kerumunan ) dihindari, karena walau zero kasus tetap ada potensi transmisi penularan dan resiko penularan,” kata Putra saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu ( 29/12 ).

Terkait hal itu, Putra mengingatkan pentingnya penguatan protokol kesehatan untuk mewaspadai kemungkinan lonjakan kasus positif Covid – 19 pasca perayaan Tahun Baru 2022.

” Penguatan prokes menjadi penting. Dimana pun berada penguatan prokes menjadi salah satu upaya yang dapat dimaksimalkan dan diberdayakan,” tegasnya.

Menurut Putra, menurunnya angka penularan hingga ke titik zero seperti sekarang ini tidak lepas dari penerapan prokes 3T dan vaksinasi. Semakin kuat dua hal itu dilakukan tentu akan semakin baik.

” Kapasitas respon kita juga semakin baik. Vaksinasi juga sangat berpengaruh, terutama saat ini untuk mengurangi tingkat keparahan orang yang terinveksi Covid – 19,” imbuh dia.

Karena itu Putra menegaskan, pembentukan herd immunity harus segera dicapai sehingga risiko transmisi penularan dapat dikurangi.

Vaksinasi di Bangka Barat menurut Putra sudah mencapai 87,64 persen. Rinciannya, untuk usia 12 ke atas dan umum kini telah menyentuh angka 80, 45 persen, anak – anak 52, 28 persen dan lansia sebesar 67, 64 persen.

Status zero Covid – 19 juga disyukuri Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming. Menurut Wabup, capaian tersebut tidak lepas dari peran aktif berbagai pihak yang telah bekerja keras memberikan edukasi kepada masyarakat.

” Alhamdulillah kita pahami nol berkat kerja sama yang baik TNI Polri, Lanal yang memberikan edukasi kepada masyarakat agar vaksin dan sebagainya. Ini prestasi kita semua, dan prestasi masyarakat Bangka Barat. Alhamdulillah Allah SWT tetap memberkahi dan kabupaten kita tetap dijaga zero,” ucap Bong Ming Ming. ( SK )