Bantuan PCR Dan BSC Segera Digunakan

oleh

PANGKALPINANG — RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang mendapat bantuan PCR (Polymerase Chain Reaction) dan BSC (Biological Safety Cabinet) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Selasa (22/12/2020).

Bantuan tersebut diserahkan Kasubdit Kemenkes RI, Nurjannah SKM, M.Kes dan diterima oleh Direktur RSUD Depati Hamzah, dr. M. Fauzan di RSUD Depati Hamzah.

“Alhamdulillah, atas bantuan dari Kementerian Kesehatan langsung kita terima dan segera kita gunakan untuk masyarakat di pulau Bangka,” ucap Fauzan.

Hanya 8 Provinsi yang mendapatkan bantuan PCR dan BSC tipe II pada tahun ini,. Dikatakan Kasubdit Kemenkes RI, Nurjannah SKM, M.Kes, untuk daerah yang belum memiliki PCR akan ditambahkan tahun depan.

“Tahun depan akan ditambahkan bagi daerah yang belum memiliki PCR untuk pemeriksaan Viral load orang dengan HIV, untuk membantu program pemerintah eliminasi TB HIV di tahun 2030,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus M. Hakim berharap, adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi Kota Pangkalpinang serta Provinsi Bangka Belitung pada umumnya.

“Semoga kita bisa membantu Labkesda Provinsi Babel untuk mengurangi waktu tunggu untuk hasil yg dikirimkan serta Dinkes kota Pangkalpinang juga akan meresmikan laboratorium BSL II lengkap dengan PCR untuk bersiap dengan eskalasi peningkatan jumlah pasien,” ujar M. Hakim.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, drg. Mulyono Susanto, mengatakan awalnya alat tersebut untuk pemeriksaan viral load virus HIV dan diusulkan pada tahun 2019.

“Karena adanya pandemi Covid-19 sehingga alat tersebut bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19 dan semoga usulan untuk Pulau Belitung bisa segera terealisasi,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.