Basel Masuk Daftar Urutan ke 2 Menuju Smart City

oleh
Riza Herdavid

BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, terpilih sekaligus mendapatkan peringkat kedua dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, untuk mengikuti gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022, Kamis (06/01/21).

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan bahwa Pemkab Bangka Selatan melalui Diskominfo Bangka Selatan terpilih sebagai urutan 2 dari 50 Kabupaten/Kota yang terpilih untuk Menyusun Masterplan Smart City secara Gratis dari Program Kementerian Kominfo yaitu Gerakan Menuju Kota Cerdas.

Diungkapkan Bupati Riza, gerakan Menuju Smart City, adalah gerakan yang bertujuan membimbing pemerintah kabupaten, dan kota dalam merencanakan pembangunan berbasis inovasi dan teknologi. Dengan penyusunan masterplan dan pembangunan berbasis Smart City dari masing-masing pemerintah kabupaten dan kota.

“Jadi bukan hanya kemampuan menyusun masterplan serta quick wins smart city dengan baik, tetapi juga dilihat dari kesiapan infrastruktur TIK di daerah serta komiten untuk melaksanakan pengembangan smart city secara berkelanjutan,” kata dia di konfirmasi Inpos, melalui via seluler, Kamis (06/01/21) malam.

Selanjutnya, orang nomor satu di Negeri Beribu Pesona ini mengungkapkan rasa bangganya dan mengapresiasi atas prestasi yang telah diterima, ditambah lagi dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hanya Kabupaten Bangka Selatan yang terpilih.

“Terpilihnya Pemkab Bangka Selatan untuk mengikuti gerakan menuju Kota Cerdas atau Smart City tahun 2022 ini patut kita syukuri, karena upaya yang dilakukan oleh Diskominfo Bangka Selatan untuk menjadikan Kabupaten Bangka Selatan sebagai kota pintar. Semoga kedepan semakin banyak bermunculan prestasi-prestasi yang di terima Kabupaten Bangka Selatan,” tandasnya.

Ditetapkannya Negeri Beribu Pesona ini sebagai salah satu Kabupaten yang berhak menyusun Masterplan Kota Cerdas yang telah diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika secara daring pada tanggal 1 sampai 5 November 2021 kemarin.

Adapun hasil penilaian yang telah dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, dari 88 peserta Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang mengikuti assessmen tersebut, menetapkan Kabupaten Bangka Selatan dan 49 Kabupaten/Kota lainnya terpilih untuk menyusun Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022. (Yusuf)