BANGKA SELATANHEADLINE

Bupati Prihatin Penderita HIV/AIDS Terus Meningkat

62
×

Bupati Prihatin Penderita HIV/AIDS Terus Meningkat

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, mengungkapkan keprihatinannya terhadap jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bangka Selatan yang semakin bertambah tiap tahunnya.

“Tahun 2022 kemarin saja terdapat 22 orang penderita yang tertular HIV, sangat memprihatinkan dengan sampai bulan Agustus 2023 tahun ini sudah diangka 38 kasus,” ucap Riza di konfirmasi Mediaqu, Rabu (13/9/23).

Riza menegaskan, HIV/AIDS harus diwaspadai penularannya, jangan sampai mencoba narkoba hingga seks bebas, karena itu jadi salah satu faktor penyebab terjangkitnya virus HIV/AIDS.

Menurut orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini, yang terpenting dalam menyikapi persoalan HIV/AIDS adalah penanganannya.

Oleh karena itu, pemerintah harus benar-benar hadir kepada masyarakat untuk memberikan edukasi tentang bahaya seks bebas yang bisa menimbulkan HIV/AIDS, dan menangani bagi mereka yang sudah terkena.

“Ke depan semua komponen bisa bekerja sama untuk memerangi penularan HIV/AIDS. Saya liat petugas kita sangat aktif melakukan tracking, disamping itu upaya pencegahan juga terus dilakukan dengan edukasi dari segala macam,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Pendududuk dan KB, dr Agus Pranawa menilai, pengetahuan masyarakat terkait HIV/AIDS masih sangat kurang.

“Akhirnya muncul stigma negatif kepada penderita AIDS, ujungnya penderita tak mau bersosialisasi. Bahkan lebih parah lagi si penderita tak mau memeriksakan diri ke dokter, padahal mereka memerlukan penanganan,” ungkap Agus. (Yusuf)

READ  Harap Segera Terwujud