Dukung Pariwisata, Kejari Basel Gelar Aksi Bersih Pantai

oleh -115 Dilihat

BANGKA SELATAN – Jajaran staf di lingkungan Kantor Kejaksaan Negeri Bangka Selatan menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai Tanjung Krasak, Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (04/03/22).

Aksi bersih-bersih pantai ini dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bangka Selatan ke-19, sekaligus bentuk kepedulian, serta memberikan contoh bagi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Kegiatan yang dimotori Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Mayasari, dimulai setelah jajaran korps baju coklat ini mengikuti senam Asak Kawa Kite Pacak di halaman Kantor Bupati Bangka Selatan. Mereka menyasar puluhan sampah berbagai jenis berhasil dikumpulkan terutama sampah daun, dan plastik.

“Kegiatan bersih-bersih pantai sekaligus bagian dari upaya membantu jajaran pemerintah kabupaten Bangka Selatan dalam mendukung pariwisata di Negeri Beribu Pesona semakin mempesona,” ujar Mayasari kepada Inpost.

Wanita berkacamata ini menambahkan, sesuai perannya, Kejaksaan memiliki pungsi pencegahan baik itu kejahatan, kriminalitas dan lainnya. Terkait dengan hal ini, pihak Kejaksaan ingin melakukan fungsinya melakukan pencegahan kejahatan terhadap lingkungan.

“Nah, dalam hal ini upaya peduli terhadap lingkungan bukan merupakan hal baru, sebab sejak jauh hari sudah merupakan program pusat. Dan dalam pencegahan itu kuncinya pada diri sendiri yakni dengan menanamkan kesadaran untuk menjaga lingkungan di rumah, kantor atau luar rumah,” tegasnya.

Kajari menambahkan, efek dari sampah itu luar biasa. Sehingga perlu digelorakan pencegahan, karena paradigma pencegahan untuk tidak mengotori lingkungan sangat penting. Makanya, lanjut Mayasari, harus dimulai dari sendiri.

“Harus dimulai dari diri sendiri, dan lewat aksi ini, kami ingin mengkampanyekan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar mereka. Bersihkan dulu lingkungan kita, maka alhasil akan memberi aura positif untuk lingkungan lainnya, dan jangan buang sampah sembarangan,” pungkasnya. (Yusuf)