BANGKA SELATAN – Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah Kriopanting terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Program layanan kesehatan berbasis digital yang dinamakan Yuk KRIO, sebagai bentuk transformasi pelayanan publik yang cepat, efisien, dan ramah teknologi.
Direktur RSUD Kriopanting, Himawan Setianto, menjelaskan layanan ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat yang menginginkan akses kesehatan yang lebih mudah dan tidak menyita waktu.
Dengan layanan ini, masyarakat kini dapat berkonsultasi dan mendaftar berobat hanya melalui pesan WhatsApp, tanpa perlu antre di rumah sakit.
“Melalui Yuk KRIO, kami ingin menciptakan pelayanan kesehatan yang lebih inklusif dan fleksibel. Masyarakat cukup menghubungi kami via WhatsApp untuk berkonsultasi atau mendaftar rawat jalan. Ini kami lakukan demi meningkatkan kenyamanan dan efektivitas pelayanan,” kata Himawan, Selasa (29/4/2025).
Layanan Yuk KRIO dapat diakses dengan mengirim pesan ke nomor WhatsApp 0822-8953-8638. Format pendaftarannya sangat sederhana: cukup ketik daftar (spasi) nama pasien (spasi) poli tujuan.
Kemudian, masyarakat diminta melampirkan foto Kartu Berobat, Surat Rujukan atau Surat Perintah Kontrol, serta kartu identitas seperti KTP, KK, atau BPJS.
Jenis pelayanan yang tersedia dalam Yuk KRIO cukup beragam, mulai dari konsultasi dengan dokter spesialis seperti spesialis kandungan dan kebidanan, penyakit dalam, bedah, anak, hingga dokter gigi dan dokter umum.
Selain itu, tersedia juga layanan konsultasi kesehatan lain seperti gizi, promosi kesehatan, dan edukasi tentang obat-obatan.
Waktu operasional layanan ini pun cukup panjang. Untuk konsultasi melalui pesan WhatsApp, tersedia setiap hari Senin hingga Minggu pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB.
Sedangkan untuk konsultasi via video call, tersedia setiap Senin hingga Sabtu pukul 08.00–14.00 WIB, sesuai dengan jadwal praktik dokter spesialis.
Dalam pelayanannya, RSUD Kriopanting juga mengusung semangat SAHANG, akronim dari Salam Hangat, Nyaman dan Gesit dalam Pelayanan.
Filosofi ini diharapkan dapat menambah nilai humanis dalam pelayanan digital yang tetap mengutamakan sentuhan keramahan khas pelayanan langsung.
Menurut Himawan, layanan ini tidak hanya membantu masyarakat yang sibuk atau berdomisili jauh dari rumah sakit, tapi juga menjadi bagian dari upaya mengurangi kepadatan antrean di ruang tunggu dan mencegah potensi penyebaran penyakit di fasilitas kesehatan.
Dengan hadirnya Yuk KRIO, RSUD Kriopanting berharap masyarakat dapat lebih proaktif menjaga kesehatannya dan memanfaatkan layanan ini sebaik mungkin.
Rumah sakit juga berkomitmen terus menyempurnakan layanan digital demi menjawab tantangan zaman dan harapan masyarakat.
“Kami ingin memastikan bahwa setiap warga bisa mendapatkan hak atas pelayanan kesehatan dengan cara yang mudah, aman, dan tidak menyulitkan. Ini adalah langkah awal menuju rumah sakit digital berbasis pelayanan masyarakat,” tambahnya. (Yusuf)
Sumber: mediaqu.id
Inovasi Layanan, Jawaban Atas Kebutuhan Masyarakat
