BANGKAHEADLINE

Kreativitas Murid SDN 7, Buat Teh Dari Kulit Nanas

101
×

Kreativitas Murid SDN 7, Buat Teh Dari Kulit Nanas

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Bupati Bangka Mulkan, dibuat kagum atas kreatifitas dari peserta pelajar Sekolah Dasar Negeri 7 Sungailiat, yang berhasil membuat minuman teh dari bahan kulit nanas.

Kreatifitas itu ditunjukkan oleh para pelajar dan guru SD tersebut, usai upacara peringatan HUT guru yang ke 77 dan upacara HUT ke 51 Korpri ke, Senin (28/11) pagi, di halaman kantor Bupati Bangka.

Kepala Sekolah SD 7 Sungailiat, Sumini, mengungkapkan kreatifitas para siswa dalam membuat teh dari kulit nanas ini sudah sejak sebulan belakang. Kata Sumini, minuman ini sudah dijual di lingkungan sekolah.

” Kalau buatnya, sudah sejak sebulan kemarin, mereka ini (siswa-siswi) memproduksi teh dari kulit nanas ini. Ya, itu memanfaatkan limbah kulit nanas yang terbuang, kemudian dibersihkan supaya menjadi minuman segar. Baru diproduksi untuk di lingkungan sekolah saja dulu, Insya Allah ke depan bisa dijual ke masyarakat,” ungkap Sumini.

Dilanjutkan Sumini, tidak hanya kreatifitas membuat teh saja yang dilakukan muridnya, namun ada juga kerajinan lainnya seperti penyaringan air dan pupuk. Kreatifitas ini terbentuk lanjut karena adanya kelompok kerja yang dibentuk para guru SD Negeri 7.

” Kita ada grup pokjanya Pak, jadi para siswa dibimbing para guru, namanya kelompok inovasi. Ada 6 grup pokja di kita. Cuma hari ini kita bawa produk teh kulit nanas ini,” ujarnya.

Hasil kreatifitas para pelajar dari SD 7 Kota Sungailiat itupun langsung dicicipi oleh Bupati Bangka Mulkan. Usai mencicipi itu, Mulkan merasa kagum dengan hasil dan juga rasanya.

” Wah, ini sebuah inovasi teh kulit nanas ini. Mereka berhasil mengolah kulit nanas menjadi minuman segar. Rasanya enak dan segar,” ucap Mulkan.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka, Mulkan memberikan apresiasinya atas kreatifitas para siswa tersebut. Dia berharap, inovasi seperti ini bisa menjadi contoh untuk sekolah lainnya. (Randhu)

READ  Mulkan Buka Kades Cup Gunung Muda