BELITUNG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, menginginkan seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Babel mengoptimalkan kinerja.
Hal itu disampaikan Suganda saat rapat pimpinan membahas optimalisasi serapan anggaran tahun 2023, dan APBD Perubahan Provinsi Babel Tahun Anggaran 2023.
Rapat pimpinan itu digelar di ruang pertemuan UPTD Pengawasan dan Peralatan Dinas PUPRPRKP, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, yang kini telah difungsikan sebagai Kantor Gubernur Babel di Belitung, Senin (29/5/23) malam.
“Kita harus mengoptimalkan kinerja kita. Siapa yang tidak mau bekerja, atau jika merasa keberatan dengan tugas dan tanggungjawabnya, lebih baik mundur dari sekarang,” tegasnya.
Terkait program prioritas, Suganda menekankan agar seluruh dinas dan badan melakukan percepatan dalam pencapaian target, sesuai dengan program dan kegiatan yang telah dicanangkan.
“Program prioritas yang harus kita lakukan. Sudah jelas kita akan melaksanakan kegiatan Gule Kabung, yaitu sama dengan kegiatan yang kita lakukan sesuai dengan perencanaan APBD maupun APBD perubahan,” terangnya.
Suganda juga meminta kepada seluruh jajaran untuk melakukan kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, utamanya dalam penyerapan anggaran, sehingga pelaksanaan program dan kegiatan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.
“Kalau kita lihat sampai dengan saat sekarang, serapan belum optimal. Kita sudah bisa membaca dari kegiatan dan program yang akan kita laksanakan. Dan prediksi seluruh kegiatan yang ada, sehingga kita bisa melaksanakannya dengan baik,” kata dia.
Suganda juga memberikan target waktu kepada seluruh dinas yang ada, untuk menyelesaikan program dengan target yang telah ditentukan.
Selain itu, perencanaan dalam APBD perubahan juga harus dilakukan secepatnya, sehingga akan memiliki waktu yang cukup panjang dalam pelaksanaannya, supaya program dan kegiatan dapat tercapai sesuai target.
“Kita harus menyelesaikannya dengan cepat. Saya siap membantu 24 jam untuk kita selesaikan,” tegasnya. (*)
Sumber: Dinas Kominfo